Minggu, H / 29 Januari 2023

Perkuat Nilai Dasar ASN BerAKHLAK, Disdik dan Korpri Kota Bandung Gelar ESQ

Kamis 19 Jan 2023 18:42 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, BANDUNG - Aparatur Sipil Negara (ASN) kini sudah memiliki 'core value' dan 'employe branding' yaitu BerAKHLAK yang berarti Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.


Hal ini merupakan panduan bagi ASN yang harus dikerjakan dengan penuh tanggung jawab. 


Atas hal itu, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung menggelar kegiatan ESQ bagi pejabat struktural, kepala sekolah, pengawas hingga penilik, di Gedung Graha Pos, Jalan Banda, Bandung, Kamis 19 Januari 2023. 


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Menurutnya, kegiatan tersebut bisa menjadi wahana introspeksi diri dalam memberikan pelayanan lebih maksimal. 


"Introspeksi diri agar kita ke depan bisa memberikan pelayanan yang lebih baik. Semoga dalam kegiatan ini bisa memberikan manfaat juga meningkatkan kompetensi," tutur Yana. 


Yana pun mengapresiasi langkah Disdik Kota Bandung yang menyelenggarakan kegiatan ESQ dengan tema “Membangun Karakter Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Diri yang Positif Sebagai Perwujudan ASN BerAKHLAK."


"Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam mengimpelementasikan hal itu di lingkungan Disdik. Melalui kegiatan ini, Pemkot Bandung memberikan kesempatan pada para ASN untuk meningkatkan kompetensi seluas-luasnya, juga memberi kesempatan terbuka untuk berkarier setinggi mungkin," bebernya.


Sementara itu, Kepala Disdik Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, menyampaikan, kegiatan tersebut untuk mengintrospeksi diri agar pelayanan lebih prima. 


"Kegiatan ini kita kembali untuk merenung bahwa banyak yang harus kita perbaiki dalam kehidupan ini. Oleh karenanya, kami hadirkan kegiatan ESQ untuk memberikan perubahan dalam melayani masyarakat," tuturnya.


Ternyata, saat pertemuan tersebut. Hikmat mengungkapkan adanya persamaan antara dirinya dengan Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian. 


Disampaikan oleh Hikmat, bahwa nama istrinya adalah Damayanti sedangkan anaknya bernama Ari Ginanjar.


"Tak ada yang kebetulan, istri saya namanya juga Linda Damayanti," ungkap Ary mengiyakan.


Hubungan mereka dikuatkan lagi melalui pembangunan ASN BerAKHLAK di lingkup Disdik dan Korpri Kota Bandung.


BerAKHLAK menurut Ary adalah bibit yang memerlukan tanah yang subur untuk tumbuh berkembang.


"Dan saya ingin contoh core values BerAKHLAK yang akan jadi role modelnya adalah dari Bandung Jawa Barat dan menyebar ke seluruh Indonesia dengan prinsip nyantri, nyunda nyakola, atau silih asah, asuh, asih."


Pria asal Bandung itu melanjutkan, "Mohon dukungan dari bapak ibu semua, agar core values BerAKHLAK menjadikan role model dalam keseharian. Bukan hanya diri kita atau ASN namun bisa diaplikasikan bersama keluarga agar selaras."


"Kalau semuanya sudah memegang teguh BerAKHLAK, Indonesia emas 2045 akan terwujud dan warga Jawa Barat harus jadi ujung tombak perubahan Indonesia," tutupnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA