Jumat, H / 29 Maret 2024

Peringati Hari Jadi ke 23, ESQ Kokohkan Tekad Membangun Generasi Emas Berkarakter

Sabtu 20 May 2023 11:44 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - ESQ Group, yang dinakhodai Ary Ginanjar Agustian telah melebarkan sayapnya selama lebih dari dua dekade. Pada 16 Mei 2023, Lembaga pembangunan karakter dan budaya perusahaan ini merayakan hari jadinya yang ke 23.


Dalam perhelatannya kali ini, ESQ yang telah melahirkan alumni lebih dari 1.9 juta ini akan mengadakan acara spektakuler pada Hari Minggu 21 Mei 2023 pukul 15.00 - 22.00 WIB di Granada Ballroom Menara 165.


Beberapa tokoh dan pejabat akan ikutserta memeriahkan milad ESQ. Para tokoh yang akan hadir  di antaranya Abdullah Azwar Anas (Menteri PANRB), Suhajar Diantoro (Sekjen Kemendagri RI), Laksamana Purn. Ade Supandi dan lainnya.


Acara yang digelar malam hari ini, akan dimeriahkan oleh pementasan berbagai karya seni Mahasiswa ESQ Business School seperti Band juga tarian.


Sebagai bentuk apresiasi terhadap orang-orang atau Lembaga yang telah telah berkontribusi terhadap eksistensi ESQ maka akan diberikan ESQ Awards. 




Dalam upaya menggiatkan kegiatan sosial dan kepedulian pada masyarakat, akan ada prosesi Launching Program Donasi Alumni ESQ dan Campaign Al Quran Tuna Rungu akan dilakukan melalui Platform Kitabisa.com.


Untuk makin merapatkan jejaring ESQ, diluncurkan MyESQ  sebuah platform untuk segala aktivitas di komunitas ESQ yang dilengkapi payment gateaway ESQ Pay.


<more>


Menurut ketua panitia M. Sunan Arief tema acara ini adalah: “Bangun Generasi Emas Berkarakter, Wujudkan Indonesia Emas 2045”.


Pria yang sudah cukup lama berkecimpung di berbagai kegiatan ESQ ini mengatakan bahwa pemilihan tema acara ini berkaitan akan peran generasi muda yang sangat menentukan masa depan bangsa.


Karena, Pemuda sebagai salah satu tiang kemajuan peradaban Bangsa Indonesia memiliki peran yang penting dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, yaitu Indonesia Adidaya.


Mengingat hal tersebut, founder ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian menyampaikan bahwa sebagai lembaga independen yang berfokus pada Pembangunan Karakter, ESQ berkomitmen untuk mencetak pemuda pemudi yang memiliki jiwa dan karakter mulia 7 Budi Utama.


7 Budi Utama itu terdiri dari: Jujur Dipercaya, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil dan Peduli.


Dalam acara syukuran milad di kalangan karyawan ESQ yang diselenggarakan secara terbatas pada 16-05-2003 di Menara 165, Ary Ginanjar menyampaikan bahwa ada 2 hal yang perlu diingat setiap kali milad. Pertama pertanyaan ’Kapan dilahirkan?’ dan ‘Untuk apa dilahirkan?’


Pria yang dikenal sebagai penulis buku fenomenal ESQ tersebut pun memaparkan tentang dua pertanyaan tersebut. Pertanyaan kapan dilahirkan, menurutnya dapat dijawab yaitu pada tanggal 16 bulan 5. Juga Pancasila yang dilahirkan pada tanggal 1 bulan 6 tahun 45. 




“Sehingga 165 adalah spirit Nasionalisme dan Spiritualisme 165,” terangnya.


Pertanyaan, “Untuk apa ESQ dilahirkan?”menurut Ary Ginanjar, jawabannya mencakup 3 hal. Pertama adalah untuk memperbaiki pendidikan manusia di dunia yang saat ini hanya mengajarkan IQ (kecerdasan intelektual) tapi melupakan EQ (kecerdasan emosional) dan SQ (kecerdasan spiritual).


“Jadi, misi ESQ adalah melahirkan manusia paripurna dengan 3 kecerdasan tersebut (IQ, EQ, SQ)," tegasnya.




Yang kedua, untuk memperkenalkan ESQ Way 165, yaitu jalan hidup dengan konsep 1 hati, 6 prinsip, 5 langkah. Sebuah way of life yang amat dibutuhkan manusia agar hidup tentram, damai dan bahagia.


Terakhir adalah untuk membangun dan mewujudkan Impian Bersama Seluruh Rakyat Indonesia yaitu Indonesia Emas 2045 dan Indonesia Atap Dunia 2085 dengan spirit Nasionalisme dan Spiritualisme.


"Alhamdulillah dalam 23 tahun ini telah terdidik 1,9 juta alumni ESQ offline dan 2 juta online. Dan Menara 165 adalah simbol perwujudan spirit 165 dan Indonesia Emas yang mendahului zaman, di mana Nama Allah diletakkan puncak gedung di tempat yang tertinggi dan termulia sebagai symbol meninggikan aspek spiritualitas," ungkapnya.


Untuk mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045 dan Indonesia Atap Dunia 2085, Ary berharap akan lahir generasi penerus yang berkarakter.


Untuk itulah ESQ Business School didirikan agar dapat  melahirkan pemimpin berkarakter dalam program pendidikan formal jenjang S1, yang sedang dipersiapkan menjadi sebuah Universitas.




Ucapan terima kasih disampaikan oleh Presiden ESQ Group tersebut kepada berbagai pihak yang telah membantu perjuangan ESQ selama 23 tahun.


“Terima kasih kepada jutaan alumni ESQ, serta jutaan pendukungnya. Semoga Allah meridhoi dan merahmati kita semua. Aamiin"


Motivator nasional itu bersama tim mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang ikut yang ikut menyokong perhelatan hari jadi ESQ ini yakni PT Paragon Technology and Innovation, Bank Syariah Indonesia, Angkasa Pura 1 dan 2, Telkomsel, JNE, Pelni, PT Kereta Api Indonesia, Hutama Karya, Arjuna Weda, Bank Nagari, CIMB Niaga Syariah, AUF Bakery.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA