Jumat, H / 22 Oktober 2021

Milad AKHLAK BUMN Ke-1

Kamis 01 Jul 2021 14:15 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Dari kiri layar Erick Thohir bersama Presiden Jokowi

Foto: Instagram

ESQNews.id, JAKARTA - Hari ini, 1 Juli 2021, tepat 1 (satu) tahun AKHLAK menjadi nilai-nilai Kementerian BUMN. Dalam berperilaku sehari-hari, setiap pegawai Kementerian BUMN harus dilandasi kepada nilai-nilai, kode etik dan kode perilaku.


Nilai-nilai dimaksud meliputi nilai dasar Aparatur Sipil Negara, dan nilai yang terangkum dalam AKHLAK, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

 

AKHLAK juga menjadi nilai inti (core values) di seluruh BUMN, sehingga dengan adanya standar nilai yang sama antara Kementerian BUMN dan BUMN akan meningkatkan soliditas dan kesamaan fundamental dalam mewujudkan tujuan yang sama: BUMN untuk Indonesia!

 

<more>

 

Budaya kerja atau core values AKHLAK tak hanya digaungkan, namun diukur juga sejauh mana implementasinya. Setahun sudah, ACT Consulting membantu Kementerian BUMN menyusun panduan perilaku dan sekaligus melakukan assesment-nya. ACT Consulting juga telah menerbitkan hasil kajiannya selama satu semester sejak AKHLAK diluncurkan pada Juli 2020. 

 

“Perlu menjadi standard yang dilakukan oleh semua BUMN agar memiliki baseline dalam pembangunan budaya AKHLAK. Ibarat dokter yang akan melakukan tindakan pada pasien, ia memerlukan data-data yang diperlukan dari laboratorium,” ujar Ary Ginanjar Agustian (President ACT Consulting).




ACT Consulting secara reguler akan menerbitkan hasil pengukuran implementasi AKHLAK di BUMN. Menurut Dwitya Agustina, expert dalam bidang transformasi budaya di ACT Consulting, pengukuran dilakukan dengan menggunakan metode yang teruji dan berkelas internasional.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA