Jumat, H / 29 Maret 2024

Mengenal Sosok Rempo Urip

Senin 29 Mar 2021 10:57 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Rempo Urip

Foto: Tangkapan Layar

ESQNews.id, JAKARTA - Menyambut Hari Film Nasional yang jatuh pada tanggal 30 Maret 2021, mari mengenal salah satu legenda perfilman Indonesia. Beliau adalah Rempo Urip.

 

Menurut beberapa sumber, ia memulai karir dari mengikuti rombongan sandiwara"Dardanella" keliling Asia Tenggara dan Anak Benua India, dalam perkumpulan itu Urip menjadi pembuat poster dan pemain sepak bolanya.

 

Ketika Dardanella di India tahun 1936, mereka membuat film "Dr. Samsi" dan Urip main sebagai figuran. Pada tahun 1951-1953 Rempo Urip mengikuti kursus penyutradaraan dan editing di Manila.

 

Rempo Urip, yang juga seorang sutradara, ikut membesarkan Persari Film yang didirikan oleh Djamaluddin Malik.



<more>

 

Salah satu catatan sejarah penting yang ditorehkan Rempo Urip adalah karya film “Rodrigo de Villa.” Rempo Urip menjadi salah satu pembuat film Indonesia berwarna pertama melalui film yang diproduksi di Manila, Filipina pada tahun 1952.

 

Rempo urip sudah menghasilkan banyak karya film, di antaranya Pendekar Sumur Tudjuh, Antara Anggrek Berbunga, Aku Mau Hidup, Putri Solo, dan Bunga Ros dari Cikembang.


Tepat pada tanggal 15 Januari 2001, saat Urip berusia 87 tahun dikabarkan wafat dan di makamkan di TPU Kebon Nanas Jakarta Timur.


Dapatkan Update Berita

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA