Selasa, H / 27 Februari 2024

Menemukan Tujuan Hidup dalam 5 Menit

Senin 07 Oct 2019 17:54 WIB

Ida S. Widayanti

Adam Liepzig, salah satu Founder Los Angeles Theatre Center

Foto: Youtube






Apakah Anda sudah memiliki tujuan hidup yang jelas? Jika belum ada baiknya Anda menyimak apa yang disampaikan Adam Liepzig seorang CEO Entertainment Media Partner dalam sharingnya di TedX Malibu yang ditayangkan 2 April 2016.


ESQNews.id, JAKARTA - Menurut Adam yang juga mantan Presiden National Geographic Film, tujuan hidup Anda bisa diketahui dalam waktu sekitar 5 menit dengan menjawab pertanyaan berikut ini:


  1. Siapa Anda?

  2. Apa yang Anda kerjakan?

  3. Untuk siapa Anda melakukan hal itu?

  4. Apa yang mereka inginkan dan butuhkan?

  5. Bagaimana mereka berubah?

Mengapa formulasi pertanyaan itu dapat membuat Anda memahami tujuan hidup? Menurut Adam karena dari lima hal yang perlu Anda ketahui tersebut hanya dua tentang diri Anda. Tiga lainnya adalah tentang orang lain: siapa mereka, apa yang mereka inginkan atau butuhkan, dan bagaimana mereka berubah sebagai hasilnya.




Menurut Adam orang-orang  yang lebih bahagia yang ia temui adalah '"mereka yang menghadap ke luar", bukan "mereka yang menghadap ke dalam". Mereka tahu dengan jelas siapa yang mereka layani, apa yang dibutuhkan orang-orang itu, dan bagaimana orang-orang itu berubah.


“Orang-orang paling sukses di bidang apa pun selalu paling berfokus pada orang-orang yang mereka layani daripada bagaimana mereka melayani diri sendiri. Orang yang lebih bahagia adalah yang  membuat orang lain bahagia,” ungkap Adam.


Berikut ini adalah beberapa tujuan hidup yang dicontohkan Adam. Jadi bukan hanya tentang profesi namun apa dampaknya bagi orang lain, dan bagaimana orang lain bisa berubah.


"Saya menulis buku untuk anak-anak, sehingga mereka dapat tertidur di malam hari, sehingga mereka dapat memiliki mimpi yang luar biasa."


"Saya merancang pakaian untuk pria dan wanita yang membutuhkan pilihan yang terjangkau, sehingga mereka dapat mencari dan merasakan yang terbaik."


"Saya melatih wirausahawan dan orang-orang kreatif untuk mengambil tindakan tegas, sehingga mereka bisa mendapatkan pekerjaan terbaik mereka di dunia."


Jika Anda memahami perihal tujuan hidup, Anda akan selalu memahami bagaimana membantu orang-orang mencari dan merasakan yang terbaik. "Bisakah orang benar-benar mendapatkan pekerjaan terbesar mereka di dunia?" Anda bisa memberi tahu mereka, dan Anda bisa membagikan tujuan hidup Anda, dan mereka dapat belajar.

Jika Anda seorang yang spiritual dan memiliki keyakinan yang tinggi pada Sang Pencipta, maka Anda bisa menyesuaikannya. Dengan demikian, tujuan hidup Anda bukan hanya antara Anda dan orang-orang yang Anda bantu dan layani, melainkan juga antara Anda dan Sang Pencipta. Selamat mencoba.  

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA