Kamis, H / 28 Maret 2024

Masjid Iqra Banjarbaru Diresmikan Wali Kota Darmawan Jaya Saat Idul Adha 1440H

Selasa 13 Aug 2019 11:49 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

Peresmian Masjid Iqra, Banjarbaru, Kalimantan Selatan saat Idul Adha 1440H, pada Minggu (11/8/2019).

Foto: dok.IST

ESQNews.id, BANJARBARU - Hari Raya Idul Adha, Wakil Walikota Banjarbaru H. Darmawan Jaya Setiawan menggelar soft opening Masjid Iqra Banjarbaru pada Minggu (11/8/2019).

Pada hari tersebut juga adalah soft opening Masjid Iqra yang berada di Komplek Kota Santri, Jl. Guntung Manggis, Banjarbaru, Kalsel. Menurut Darmawan Jaya, yang memberi nama masjid ini adalah pendiri ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar Agustian. Dan peletakkan batu pertamanya oleh Ustadz Yusuf Mansur.




Masjid Iqra adalah masjid yang didominasi warna hijau pada sisi-sisinya banyak memiliki bagian yang agak terbuka berupa ventilasi. Dengannya membuat suhu udara di dalam ruangan terasa sejuk dan tidak terlalu panas. Kemudian pada bagian bawah masjid ada aula, yang nantinya dapat digunakan sebagai lembaga pendidikan maupun kegiatan-kegiatan keagamaan atau kegiatan positif lainnya.



Saat soft opening, usai shalat dzuhur berjamaah, Darmawan Jaya menuturkan tentang pendirian Masjid Iqra dan rencana-rencana ke depannya, diteruskan pembacaan Surat Yasin dan ditutup dengan Doa Selamat.


Pada awak media, seusai acara soft opening, Darmawan Jaya menyampaikan, bahwa banyak pelajaran/hikmah yang dapat dipetik dari peristiwa Nabi Ibrahim As yang diperintahkan Allah SWT untuk menyembelih putra beliau Nabi Ismail As. Diantaranya adalah menempatkan cinta kepada Allah SWR lebih utama dibandingkan cinta kepada dunia (jabatan, harta, dll). Selain itu, hikmah/pelajaran selanjutnya adalah kita harus meningkatkan ketaatan kepadaNya dan juga harus memiliki sifat sabar dan ikhlas menerima dan menjalankan perintah Allah SWT.



Seusai penyembelihan 2 ekor sapi dan pembagian daging kurban kepada masyarakat yang sebelumnya telah diberikan kupon untuk pengambilan daging. Ada yang berbeda pada pembagian daging kurban di masjid ini, yaitu pembungkus dagingnya. Pembungkus yang digunakan tidak terbuat dari plastik, melainkan menggunakan bahan ramah lingkungan berupa besek bambu.



"Pembagian daging hewan qurban kepada sesama, juga dapat membangun kepedulian dan hubungan sosial yang baik," kata Jaya.




Artikel ini telah tayang di Teras7.com dengan judul "Soft Opening Masjid Iqra dan Bagikan Daging Kurban dengan Besek Bambu"

(Teras7.com/Salim Ma'ruf)


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA