Kamis, H / 17 Juni 2021

ACT Consulting Bantu Leaders Pupuk Kaltim Mengenal 4 Kepribadian Dasar Manusia

Selasa 09 Mar 2021 16:17 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – PT Pupuk Kaltim berkolaborasi dengan ACT Consulting dalam rangka Leadership Development Program (LDP IV) batch 10 selama kurang lebih seminggu, melalui zoom meeting.

 

Puluhan leaders Pupuk Kaltim diberikan asupan materi oleh Coach Bramanto Wibisono (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian) serta Abri (Astrain). Salah satunya mengenal 4 kepribadian dasar manusia.


<more>

 

Penempatan karyawan seringkali menjadi masalah serius bagi pemilik bisnis. Karena setiap manusia dilahirkan sebagai individu dengan karakteristik dan sifat yang berbeda-beda.

 

Mereka memiliki minat, keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda. Ilmu psikologi menunjukkan bahwa secara garis besar, karakteristik manusia ditarik garis ke dalam 4 kaudran, yakni DISC atau Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance.

 

Agar para leader lebih memahami maksudnya, mereka dibagi menjadi 4 kelompok sesuai dengan temanya yaitu DISC. Setelah berdiskusi, puluhan peserta itu saling sharing dan share screen hasilnya.

 

“Ya silakan dari kelompok influence, bisa dijabarkan positif serta negatifnya ya,” ucap Bram.

 

Kelompok influence memberikan paparan seperti berikut ini:



 

“Nah good, jadi kesimpulannya. Orang yang memiliki kepribadian influence itu adalah orang yang asyik. Misal lagi perjalanan dari Bontang ke Samarinda, biar perjalanannya happy, seru, dan rame maka orang influence wajib hadir haha,” tegas trainer ESQ itu.

 

Suasana pelatihan sangat ramai, mereka nampak ketawa ketiwi, bersenda gurau namun masih dalam jalur materi atau kondusif.

 


 

Bram menanyakan kepada puluhan peserta tersebut mengenai pekerjaan atau bagian apa saja yang cocok untuk orang influence?


“Bisa jadi pembawa acara, pengelola energi atau managing energy, penggerak, dan lain-lain,” jawab Suha Riyono salah satu leader Pupuk Kaltim.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA