Kamis, H / 28 Maret 2024

Ketua Dewan Penasihat FKA ESQ Pusat, Ade Supandi: Rakorwil Perkuat Jiwa Kepemimpinan untuk Membangun SDM Berkualitas

Selasa 06 Sep 2022 15:56 WIB

Reporter :EDQP

Laks. TNI (Purn) Dr. Ade Supandi, S.E, M.A.P (Ketua Dewan Penasihat FKA ESQ Pusat)

Foto: dok. ESQ

Oleh: Laks. TNI (Purn) Dr. Ade Supandi, S.E, M.A.P (Ketua Dewan Penasihat FKA ESQ Pusat)


ESQNews.id, JAKARTA - 7 Budi Utama adalah karakter utama yang ditanamkan pada semua alumni yang telah mengikuti pelatihan ESQ. Hal tersebut sudah digaungkan sejak 2008 hingga sekarang. Saya menyebutnya nilai Tubutama yang meliputi; Jujur, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, dan Peduli. Nilai tersebut ditetapkan sebagai nilai-nilai moral kehidupan berbangsa menuju Indonesia Emas 2045. 


Menurut saya, 7 Budi Utama ini sebagai upaya agar kita memahami tujuan Allah saat menciptakan manusia. Setiap insan dilengkapi akal untuk memikirkan bagaimana mengelola bumi agar selalu bermanfaat bagi manusia dari generasi ke generasi, tentunya harus dilandasi dengan karakter mulia.


<more>


Sebagai Bani Adam, kita tidak boleh menafikan kesadaran akan adanya godaan syetan. Oleh sebab itu kita harus selalu menguatkan ketaatan dan kepatuhan terhadap perintah dan petunjuk Allah pencipta alam semesta. Apalagi tak bisa dipungkiri bahwa saat ini kita hidup di penghujung jaman dengan segala permasalahan dan tantangan kekinian. 


Manusia yang sempurna adalah manusia yang akhlaqul karimah, dan menjadi panutan. Kita mungkin tidak memiliki kemampuan untuk menjadi manusia yang sempurna, akan tetapi kita bisa menjadi manusia yang mampu menyisihkan sebagian rezeki yang telah Allah berikan kepada kita sebagai tanda bersyukur. 


Salah satu bentuk implementasi hal tersebut adalah kepedulian kita untuk mengangkat harkat derajat dan martabat bangsa. Sehingga bisa mendorong masyarakat dan kita semua untuk berkembang maju.




Oleh karenanya, dibutuhkan pemimpin yang berjiwa integratif dan transformatif sehingga menguatkan harapan untuk meraih kemajuan bangsa dalam berbagai bidang. Pemimpin yang memiliki kapasitas, kapabilitas, kompetensi, visioner serta yang paling mendasar adalah menjadi pemimpin yang jujur dan terpercaya, yang merupakan esensi 7 Budi Utama. Rakorwil perkuat Jiwa Kepemimpinan untuk membangun SDM Berkualitas.




Sebagai informasi, Rakorwil diselenggarakan pada tanggal 2 - 3 September 2022 di Hotel Sahid Jaya Solo. FKA ESQ bersama seluruh alumni ESQ melakukan tindakan atau aksi nyata membangun ekonomi rakyat dan ummat menuju Indonesia Emas Sejahtera 2030 sebagai implementasi dari Total Action.


Rakorwil ini dihadiri oleh seluruh Pengurus Korwil (15 Provinsi) FKA-ESQ wilayah Indonesia Barat yang meliputi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kep. Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Serta 20 Korda FKA ESQ di Jateng. Total orang yang hadir kurang lebih 150 orang.




Ajang ini digelar oleh Korwil Jawa Tengah Wilayah Korda Solo secara perdana dan harapannya bisa berkelanjutan. Saat ini, Dr. Sunarto Isstianto diberi amanah sebagai Korda Solo oleh Ary Ginanjar Agustian (Ketum FKA ESQ).


Gelaran ini juga disupport oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (RSI Sultan Agung Group), Marabunta, IBIMA, Perkumpulan Pensiunan Pegawai Pemerintah Surakarta, Palang Merah Indonesia, Kota Surakarta, Politeknik Akbara Surakarta, STIE Surakarta, SDC Care, Yayasan Jamaah Haji Klaten, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan lainnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA