Selasa, H / 04 Oktober 2022

Kementan RI Undang Alex Denni dan Ary Ginanjar Agustian dalam Launching Core Values ASN BerAKHLAK

Selasa 15 Feb 2022 16:05 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Selasa (15/02/2022), telah digelar kegiatan Launching Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa” di Lingkungan Kementerian Pertanian. Perhelatan ini diadakan secara hybrid, luring di Agriculture War Room, Kementerian Pertanian Gedung A lantai 2, serta daring (via Zoom dan live streaming dari Youtube).


Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian RI), Harvick Hasnul Qolbi (Wakil Menteri Pertanian RI), Ary Ginanjar Agustian (Founder ACT Consulting), Alex Denni (Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB) serta jajaran pejabat Eselon 1 dan 2, berkesempatan hadir mengikuti launching nilai-nilai ASN ini.



Seperti yang telah diketahui, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) “Bangga Melayani Bangsa." Peluncuran nilai dasar ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN yang saat ini masih bervariasi di setiap instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah.

BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Dalam sambutannya Presiden RI Jokowi menegaskan, seluruh aparatur sipil negara (ASN) harus memegang teguh nilai-nilai dasar serta mempunyai semboyan yang sama dalam melaksanakan tugasnya.

<more>


Untuk itulah, Mentan RI bersama jajarannya merespon serta mendukung himbauan dari Presiden Jokowi. Menurutnya, pendekatan dari berAKHLAK menjadi bagian dari Core Values ASN ini sangat sejalan dengan Kementan agar bisa melahirkan negara yang semakin maju lagi.

"Dan menurut saya dalam rangka pendekatan implementatif menjadi bagian-bagian yang penting. Dan hanya pemerintahan yang baik juga kuat yang bisa menjanjikan kesejahteraan bagi rakyatnya. Siapakah pemerintah itu? Yaitu ASN, karena aparat negara adalah inti dari pemerintahan," paparnya kepada 97 pejabat dan perwakilan lebih dari 16 ribu ASN Kementan yang berasal dari seluruh Indonesia.

Syahrul berharap agar segala sesuatu yang kita lakukan ini berujung kepada kepentingan-kepentingan ibadah. "273 juta orang menunggu hasil tangan kita. Itulah yang menjadi nilai-nilai yang akan memperkuat implementasi dengan nilai basic kita atau core values ASN berAKHLAK kita," sambungnya.



Acara ini diapresiasi oleh Alex Denni, ia mengatakan "Ini rekor pertama yang saya hadiri untuk launching Core Values di Kementerian dan Lembaga. Dan kami, atas nama PANRB ucapkan terimakasih kepada Pak Menteri atas acara pagi hari ini yang menunjukkan komitmen yang kuat dari Kementerian Pertanian untuk segera menginternalisasi Core Values ASN BerAKHLAK. Dan menjadi pegangan bagi seluruh ASN dimanapun berada dalam beraktivitas sehari-hari."


Menurutnya, penguatan budaya kerja dan employer branding ini sebagai bagian dari strategi dan akselerasi transformasi SDM aparatur dalam mendukung reformasi birokrasi.Untuk itu, dalam transformasi birokrasi Indonesia atau birokrasi berkelas dunia dan pelayanan public yang kompetitif dibagi menjadi tiga bagian yakni transformasi organisasi, transformasi SDMA, dan transformasi sistem kerja.


Selanjutnya, Ary Ginanjar memaparkan kalimat dari Peter F. Drucker "If we talk about business and management, we talk about human behavior and human institution" yang artinya jika kita bicara tentang management atau achievement itu sebenarnya kita sedang bicara tentang behavior.


"Seperti yang dikatakan oleh Pak Alex tentang transformasi SDM, jadi saya membayangkan bahwa SDM di Kementerian Pertanian kita ini bukan hanya sekedar kompetensinya saja yang kuat namun harus ada agility yang menjadi shockbreaker dari Pak Dirjen, Pak Sekjen dan lainnya. Tapi agility tidak akan bertahan tanpa adanya capacity atau keluasan hati untuk terus kuat dalam menanggung beban yang luar biasa," tutur Ary.


Ary menambahkan, “Menurut Warren Buffett dalam mencari SDM harus melihat dari 3 kualitas yaitu kejujuran, kecerdasan dan semangat. Tapi tanpa nomor 1 maka nomor 2 dan 3 akan membunuh kita.”





Di penghujung acara, para Pejabat eselon 1 serta Ary Ginanjar menekan tombol logo Kementan RI sebagai tanda simbolis telah launchingnya Core Values ASN BerAKHLAK di lingkungan Kementan RI.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA