Jumat, H / 29 Maret 2024

Kemendag Launching Core Values BerAKHLAK, Zulkifli Hasan: Filosofi Saat Kita Bekerja

Selasa 25 Oct 2022 14:33 WIB

Reporter :EDQP

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Telah berlangsung Launching Core Values ASN BerAKHLAK di lingkup Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada 25 Oktober 2022 secara hybrid di Gedung Utama Kemedag dan Zoom Meeting. Dari Zoom Meeting hadir sekitar 3 ribu ASN Kemendag, sedangkan yang hadir secara luring yaitu para eselon 1 dan eselon 2.


Dr. (H.C) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M. (Menteri Perdagangan RI) join secara luring di Gedung Kemendag sekaligus meresmikan peluncuran nilai nilai dasar ASN BerAKHLAK di lingkup Kemenag.


Dalam ruangan tersebut hadir pula Abdullah Azwar Anas, M.Si. (Menteri PANRB), dan Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian (Founder ESQ Group). 


"Saya tidak akan bicara soal BerAKHLAK karena nanti akan disampaikan langsung secara tepat oleh Pak Ary Ginanjar. Tapi di sini saya akan bicara kepada saudara tentang filosofi saat kita bekerja ini," ucapnya.


Ia kembali bertutur, "Beberapa kali saya sudah sampaikan kepada eselon 1, kita sepakat bahwa negeri kita ini proses berbangsa dan bernegara ini dengan proses demokrasi. Sesungguhnya pemilik negeri ini adalah seluruh rakyat Indonesia. Sebab kedaulatan ada di rakyat itu."


Dihubungkan dengan Core Values BerAKHLAK, tujuannya adalah mengingatkan kita bahwa saat bekerja kita harus memihak kepada rakyat itu. Itu yang paling penting, kata Menteri Perdagangan.


"Agar mereka lebih makmur, lebih sejahtera dan lainnya. Sehingga seperti visi yang dicita citakan bersama yaitu Indonesia Emas 2045 bisa terwujud. Oleh karena itu, kita sebagai pejabat pemerintah birokrasi sudah seperti mesin. Tapi dampaknya itu yang paling penting, berdampak kepada rakyat," lanjutnya.




Selanjutnya, Ary Ginanjar menyampaikan, "Saya akan menyimpulkan dengan 1 slide apa yang disampaikan oleh Pak Menteri agar mudah untuk dipahami. Pertama, yang disampaikan oleh Pak Menteri adalah bagaimana strategi strategi itu bisa memberikan dampak."




Pria mantan ASN 7 tahun itu menerangkan, "Artinya pak menteri punya visi misi yang harus diterapkan itu adalah target targetnya. Serta punya misi yang harus terus dijalankan. Dan ada leaders yang akan menjalankan."


Sebelumnya, Menteri Perdagangan sudah menyampaikan target targetnya namun yang paling bawah dari slide (yang dimunculkan oleh Ary) adalah kinerja. Impact yang dikatakan Menteri Perdagangan agar dirasakan langsung oleh masyarakat. 


"Pak menteri juga punya yang namanya strategi, struktur dan sistem, itu yang dijalankan. Lalu beliau mengelola SDM atau budaya kerja agar semuanya memberikan dampak kepuasan masyarakat akan pelayanan dari pejabat negara," lanjutnya.


<more>


Sebagai tindaklanjut telah dicanangkannya Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa oleh Presiden RI Joko Widodo pada 27 Juli 2021, Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah melakukan pengukuran AKHLAK Culture Health Index (ACHI) di lingkup Kemendag.


Tujuan dilakukannya ACHI adalah untuk memberikan gambaran bagaimana kondisi budaya kerja di Kemendag sehingga hasil pengukuran tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam implementasi Core Values BerAKHLAK selanjutnya. 


Drs. Suhanto, M.M (Sekjen Kemedag) menyampaikan hal tersebut saat Launching Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa.


"Dari hasil pengukuran ACHI di Kemendag adalah berada pada kategori B (cukup sehat). Berdasarkan pengukuran hasil tersebut Kemendag memiliki high positive energy yang dapat mendukung pencapaian kinerja di organisasi yang efektif dan efisien," ungkapnya dihadapan para Eselon 1 dan 2 Kemendag.


Lebih lanjut, "Kementerian Perdagangan juga telah memiliki DNA of Organization, yaitu organisasi yang memperhatikan professional yang tergambar pada perilaku pegawai dan budaya kerja sehari-hari." 


Nilai-nilai dasar atau yang dikenal sebagai Core Values ASN “BerAKHLAK” merupakan akronim dari Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif dan diluncurkan dengan tujuan menyeragamkan nilai-nilai dasar ASN di Indonesia.


Sebagai informasi, Di tengah berbagai perubahan pesat yang terjadi saat ini menuntut ASN maupun organisasi birokrasi harus dapat bergerak cepat guna mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang terjadi.


Saat ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) sudah memiliki Nilai-Nilai Dasar (Core Values) dan Employer Branding untuk menjadi pendorong atau penyemangat bagi seluruh ASN baik di tingkat pusat hingga daerah agar terus memiliki semangat dan kemampuan yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas baik sebagai abdi negara, abdi pemerintah maupun sebagai abdi masyarakat.


Dalam organisasi, ASN memiliki peran dan fungsi yang cukup penting yaitu sebagai perencana, pelaku, dan penentu terwujudnya tujuan organisasi. Tujuan organisasi tidak mungkin terwujud atau diraih dengan baik dan terarah apabila peran ASN lemah. 


Sebaliknya, tujuan organisasi birokrasi menjadi mudah terwujud apabila peran ASN kuat, unggul, cerdas, inovatif, kreatif dan berdaya guna.


Tantangan perdagangan ke depan akan semakin berat, hal tersebut ditandai dengan perlambatan ekonomi akibat pandemi, krisis energi, krisis pangan, dan naiknya harga komoditas penting. Kondisi tersebut tetap harus diwaspadai. 


Harapannya, dengan menerapkan nilai dasar BerAKHLAK, maka dapat tercermin kualitas organisasi saat ini dan di masa yang akan datang. Kita berharap agar surplus perdagangan tetap dijaga beriringan dengan stabilnya harga dan ketersediaan barang pokok dan penting di dalam negeri.


"Kita tidak bisa bekerja secara konvensional dan klasikal, harus ada upaya untuk memanfaatkan secara maksimal teknologi informasi serta sumber daya yang ada. Kita dituntut dapat secara efektif dan efisien merumuskan strategi-strategi yang selanjutnya diterjemahkan dalam langkah-langkah konkrit," lanjut Menteri Perdagangan.


Lalu ia bertutur, "Saya selaku pimpinan Kementerian mengharapkan Saudara dapat bekerja secara jujur, objektif, berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif serta menghindari konflik kepentingan apapun."


Hadirnya nilai-nilai dasar ASN seperti yang disebutkan diatas diharapkan dapat menjadi kekuatan atau inspirasi bagi seluruh ASN untuk tumbuh maju dan berkembang seirama dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi. 


Core values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding ‘Bangga Melayani Bangsa’ akan menjadi pilar bagi para ASN untuk berperilaku sesuai dengan harapan organisasi birokrasi.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA