Kamis, H / 09 Desember 2021

Jangan Merasa Sendiri

Kamis 21 Oct 2021 11:12 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Illustrasi

Foto: fginsight.com

Oleh: Khaleed Rasheed (Siswa kelas 9 di MILBoS)

 

ESQNews.id, JAKARTA - Allah berfirman, “Janganlah bersedih, karena Allah bersama kita.”


Sebuah nasihat indah dari Al-Qur'an yang seakan menjadi obat bagi setiap orang. Tak sedikit orang yang merasa memiliki masalah. Tak sedikit orang yang tertimpa musibah. Tak sedikit orang sedang kesulitan menghadapi berbagai macam ujian. Merasa sendirian dan tak ada yang memberi pertolongan.




Setiap orang pasti kan punya masalah. Bahkan semakin tinggi posisi orang, maka semakin besar pula masalah dan problem yang akan dihadapi.


Ibaratnya adalah pohon, semakin tinggi pohon, semakin kencang angin yang berhembus menabrak batang dan daunnya. Yang otomatis lebih rawan roboh.


Masalah akan hinggap di setiap kehidupan manusia. Selalu ada dan senantiasa menemani setiap langkahnya. Tak pernah sekali pun masalah kan jauh dari manusia. Sebab dunia memang dirancang bukan buat senang-senang. Melainkan dunia diciptakan untuk ujian. Ya, tempat ujian manusia. Apakah kita bisa lulus, atau malah terjeblos dalam lubang kenistaan.


<more>


Sering kita dapati, banyak orang bunuh diri karena deretan masalah yang datang. Ada yang dilit hutang ratusan juga sehingga tak bisa bayar. Ada yang anak-anaknya jadi nakal dan melakukan pergaulan bebas. Ada juga yang tak kuat dengan siksaan fisik atau verbal dari orang-orang di sekitarnya.


Mereka memutuskan untuk mengakhiri hidup mereka karena mereka yakin, hidup setelah mati mungkin lebih lumayan. Itu karena tidak ada iman di dada mereka. Makannya hadirlah keputus asaan.




Jangan pernah merasa sendiri. Apabila ingin sesuatu, minta saja pada Allah. Bila butuh pertolongan, mintalah pada Allah. Sebab jika ada sebagian orang atau seluruh orang ingin mencela, menghardik, menghina, mencelakai, merendahkan, meremehkan yang lain, sesungguhnya itu tidak akan terjadi kecuali atas kehendak Allah.




Senantiasalah berperasangka baik kepada Allah bahwa kita selalu berada dalam perlindungan dan penjagaannya. Serta dalam balutan kasih-Nya. Yang akan terjadi pada kita apa pun bentuknya adalah bagian dari tarbiyah. Teruslah mendekat pada-Nya niscaya akan terasa ringan beban-beban dan masalah yang hadir di depan kita.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA