Kamis, H / 06 Oktober 2022

Indonesia Youth Festival, CEO Xaham.id Jabarkan 4 Tantangan Saat Ini Serta Berinvestasi ala Gen Y dan Gen Z

Selasa 30 Nov 2021 09:25 WIB

Reporter :EDQP

Potret Saat Acara Berlangsung

Foto: dok. ESQ

“Jangan tanya apa yang Indonesia berikan, tapi tanya apa yang sudah kita berikan kepada Indonesia” - Anjar Yusuf Ramadhan (CEO Xaham.id) 


ESQNews.id, JAKARTA - Telah berlangsung Event Indonesia Youth Festival selama dua hari pada Jumat - Sabtu (26-27/11/2021) di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta. Kegiatan tersebut mengusung tema “Menyongsong Indonesia Emas 2045.”


Acara tersebut menghadirkan banyak speakers untuk membagikan ide dan sudut pandangnya bagi generasi muda Indonesia, mulai dari Menteri, Wakil Menteri, Gubernur atau Walikota, Politisi, dan Para CEO Muda. 


Anjar Yusuf Ramadhan, CEO Xaham.id menjadi salah satu narasumber di perhelatan itu. Di awal sesi, Anjar menayangkan sebuah video tentang Miquela. Miquela adalah virtual influencer yang memiliki artificial intelligence di dalamnya. Dan salah satu kapasitasnya adalah untuk mengetahui apa yang disukai oleh followersnya yaitu para milenial.


“Miquela Robot ini beraktifitas seperti layaknya manusia, seperti memposting video ketika jalan-jalan, memposting video sedang makan, memposting video saat berkumpul dengan teman-teman, bahkan dia di endorse oleh berbagai brand,” kata Anjar. 


<more>


Menurut Anjar Yusuf Ramadhan, ada empat tantangan yang terjadi saat ini, yaitu Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity), Agility, Inovasi, Gen Y dan Gen Z. Miquela menjadi salah satu dari tantangan tersebut. 


“Kita berada di Era VUCA yang serba tidak pasti. Ada berapa banyak dari kita yang memiliki ketidakpastian pendapatan? Berapa banyak dari kita yang berinvestasi tapi malah merusak lingkungan? Berinvestasi tapi tidak berdampak apa-apa terhadap sosial?” tanyanya kepada audiens.


Maka dari itu, pria yang juga seorang Director ESQ Group memberikan cara untuk menghadapi tantangan yang terjadi saat ini, yaitu kita harus meningkatkan atau upgrade kapasitas yang di sebut super agility. Artinya, kita harus punya kemampuan untuk menghadapi segala perubahan, mampu bertahan terhadap apapun, mampu bekerja sama dengan siapapun, mampu belajar atau berinovasi agar tidak tertinggal oleh jaman, serta mampu mencapai target dengan hasil terbaik.


“Menariknya teman-teman, kalau kita bicara soal inovasi pasti akan melekat dengan yang namanya investasi. Dan di tahun 2019 banyak berita tentang rendahnya investasi di kalangan generasi milenial tapi konsumsi masih tinggi. Akan tetapi, dua tahun kemudian di saat pandemic, minat milenial untuk berinvestasi naik dua kali lipat,” jelas Anjar Yusuf Ramadhan yang berpakaian ala milenial itu.


Ia juga menambahkan, “Tapi rata rata mereka tidak memperhatikan lima kesalahan dalam berinvestasi yakni investasi yang tidak melibatkan partisipasi public secara inklusif, berinvestasi kepada perusahaan yang tidak melestarikan ekologi, berinvestasi kepada perusahaan yang tidak mengedepankan SDM dan AKHLAK, berinvestasi kepada perusahaan yang tidak memaksimalkan teknologi, serta berinvestasi kepada perusahaan yang tidak menjamin kontinuitas.”


“Oleh karena itu, saya bersama tim membangun fintech yang ijinnya di bawah OJK dan pasar modal, namanya Xaham.id yang memungkinkan nanti teman-teman untuk berinvestasi langsung secara nyata kepada UMKM.”


“Saya juga usulkan ada lima pilar investasi yang berkelanjutan yaitu partisipasi public secara inklusif, melestarikan ekologi, membangun karakter SDM dan AKHLAK, memaksimalkan teknologi, menjamin kontinuitas atau yang saya sebut 3 R (Reliable, Repeatable, Replicable)" sambungnya.

 

Xaham.id hadir sebagai instrument investasi terpercaya 4.O dengan semangat gotong royong untuk membangun perekonomian anak bangsa Indonesia melalui UMKM.




Acara spektakuler tersebut juga turut mengundang, antara lain:


1. K. H. Ma'ruf Amin (Wakil Presiden RI) 


2. La Nyalla Mahmud Mattalitti (Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI) 


3. Erick Thohir (Menteri BUMN)


4. Teten Masduki (Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia) 


5. Mohammad Ramdhan Pomanto (Walikota Makassar) 


6. Jerry Sambuaga (Wakil Menteri Perdagangan RI)


7. Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta) 


8. Rocky Gerung (Filsuf, akademisi, dan pengamat politik)


9. Angela Herliani Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) 


10. Agus Harimurti Yudhoyono (Politisi Muda) 


11. Roby Satria (Co-Founder shieldtag.co dan musisi) 


12. Anjar Yusuf Ramadhan (CEO Xaham dan Director ESQ Group) 


13. Aidil Afdan Pananrang (Co-Founder DARISKRG) 


14. Angger Dimas (Founder Lokal Itu Keren dan Produser Musik) 


15. Sayed Muhammad (Founder dan CEO USS Networks) 


16. Azka Aufary Ramli (CEO Teknologi Kreasi Indonesia) 


17. Marfani Hasan (Vice President Network Architecture and Design Telkomsel) 


18. Biantra Wiyogo (CEO Genco Energy) 


19. Gina Sinaga (Public Speaker, Mental Health Advocate) 


20. Bagas Adhadirgha  (Sekretaris Jenderal BPP HIPMI)




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA