Jumat, H / 29 Maret 2024

Hati-Hati! Ini Bahaya Pamer (Bagian 1)

Kamis 12 Mar 2020 11:11 WIB

Reporter :Redaksi

Ilustrasi

Foto: peterstark.com

ESQNews.id, JAKARTA – “Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya.” (Al-Baqarah : 255).


Apakah kalian pernah mengeluh saat bekerja tanpa di gaji? Atau gajinya telah turun? Sedangkan kebanyakan dari kita tak ingin bekerja tanpa di gaji.


Namun ada yang lebih miris dibanding orang yang bekerja tanpa di gaji. Siapakah? Yakni orang yang lelah beramal di dunia, namun ia tidak mendapatkan balasan pahala kelak di akhirat.


<more>


Banyak hal yang menyebabkan seseorang gagal meraih pahala. Di antara faktor penghalang yang paling banyak terjadi adalah pamer. Maksudnya pamer dalam beramal saleh. Bahasa agamanya adalah riya.


Definisi riya ialah menampakkan ibadah dengan maksud agar dilihat orang lain supaya dipuji oleh mereka. Rasululullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:


"Berilah kabar gembira kepada umat ini dengan keluhuran, ketinggian, kemenangan dan kekokohan di muka bumi. Barang siapa di antara mereka melakukan amalan ukhrawi untuk meraih dunia, maka pada hari akhirat kelak ia tidak akan memperoleh bagian (pahala)." (HR. Ahmad dari Ubay bin Ka'ab radhiallahu 'anhu, dan dinilai shahih oleh Al-Hakim, Adz-Dzahabi, Sdh-Dhiya' Al-Maqdisy juga Al-Albani).


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA