Selasa, H / 05 Juli 2022

Hadapi Pandemi, Dokter Tirta Bongkar Tips Sehat Fisik & Mental Bersama Xaham.id

Jumat 09 Jul 2021 16:37 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat acara berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Xaham.id telah menggelar Community Service Sharing Session bersama dr. Tirta (Dokter, Pengusaha dan Influencer), Sandi Muharam (ESQ Hypnotherapist), dan Firdza Radiany (Inisiator Pandemic Talks). Acara berlangsung pada Jumat (9/7/2021) pukul 15.30 – 17.50 WIB melalui platform Zoom Meeting.

 

Kegiatan yang diadakan secara cuma-cuma ini, mengusung tema “Yuk Sehat Fisik dan Mental.” Tujuannya adalah memberikan pemahaman yang lebih luas terkait Covid-19, tata cara melakukan isolasi mandiri dan tips untuk senantiasa menjaga kesehatan fisik dan mental.

 

Acara tersebut dibuka untuk umum sebagai bentuk kepedulian untuk pembekalan masyarakat dan komunitas menghadapi pandemi. Acara ini turut di dukung dan diramaikan oleh ESQ Business School, Ammana, Pandemictalks, Teman Curhat ID, dan Amazing Malang.


<more>

 

Di awal sesi, Firdza selaku moderator bertanya kepada dokter Tirta, “Rakyat Indonesia, khususnya pemilik UMKM merasa bingung karena pegawainya terpapar positif. Nah apa sih dok tipsnya agar isoman yang dijalanin itu bener dan gak panik buat yang awam?”

 

“Tipsnya adalah menghindari antibiotic dan obat-obatan yang dibeli sendiri tanpa resep dokter. Konsumsi paracetamol untuk meredakan panas, minum vitamin C yang umum saja. Ingat jangan jadi dokter buat diri sendiri loh ya. Ini bahaya, nantinya malah nimbulin penyakit lainnya,” tegas dokter Tirta.



 

Tak hanya itu, ia menambahkan bahwa, “Isoman itu bagi yang OTG, gejala ringan, dan sedang saja. Dianjurkan untuk konsul ke dokter, sekarang praktis udah ada telemedicine, gausah panik, mental dijaga. Lalu bedrest istirahat yang cukup. Kalau gejala berat harus ke Rumah Sakit segera, jangan sepelekan virus dan bakteri ya.”

 

Gaya bahasa pria berkacamata itu terdengar santai namun ‘ngena’ di hati. Membuat 350 peserta yang hadir dalam webinar itu terkekeh dan meresponnya dengan sangat antusias.



 

“Dan yang paling simple itu kita harus menghindari kerumunan, pake masker double sesuai aturan, olahraga ketika sehat bukan olahraga ketika sakit. Makan-makanan bergizi dan patuhi prokes. Untuk vitamin lebih baik konsumsi buah yang banyak dan sayur, hindari berita-berita yang belum tentu kebenarannya, dah itu aja,” sambungnya.

 

Bahkan sebelum dr. Tirta menyelesaikan tanya jawab dengan moderator, para peserta sudah menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang membludak. Salah satunya dari peserta yang bernama Arifin.

 

“Dok, kenapa kalau di Inggris udah boleh nonton bola? Padahal lagi musim pandemic seperti ini,” tanyanya.



 

Mendengar pertanyaan tersebut, sang dokter yang sekaligus pengusaha itu tersenyum kecil dan menjawab, “Kalian tau gak? Tahun lalu Inggris atau Eropa lockdown selama 3 bulan. Mereka patuh sama pemerintahnya saat lockdown. Saat disuruh vaksinansi mereka nurut dan 80% sudah vaksin. Coba lihat Indonesia, PPKM sekarang aja masih ada yang berseliweran. Vaksinasi masih 10%. Nah loh.”

 

Oleh karenanya, pria yang dikenal sebagai influencer itu menghimbau kepada semua peserta yang berasal dari Jepang, Kuala Lumpur, Malaysia serta Indonesia, untuk segera vaksinasi. Karena vaksinasi yaitu sebuah upaya untuk meningkatkan imun, kemampuan infeksinya menurun, dan bisa membentuk antibody.

 

“Kami berharap dengan adanya webinar ini peserta akan lebih aware terhadap kesehatan dirinya sendiri, keluarga dan lingkungan terdekatnya. Peserta juga dapat mengetahui berita / informasi yang valid secara langsung dari narasumber yang terpercaya,” ujar Anjar Yusuf Ramadan (Founder of Xaham.id).


Di penghujung acara, ada 3 orang peserta yang berhak mendapatkan giveaway dengan masing-masing batang emas sebesar 0,25 gram. Hadiah tersebut diperuntukkan bagi peserta dengan pertanyaan terbaik. Penanya terbaik langsung dibacakan oleh Syaiful (trainer ESQ lisensi Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian).




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA