Rabu, H / 25 Mei 2022

ESQ MPP New Normal, Ilmu Parenting untuk ASN Kemenhub Saat Memasuki Masa Purna Bakti (Pensiun)

Rabu 30 Sep 2020 13:03 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret suasana saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ikuti ESQ Masa Persiapan Pensiun (MPP) New Normal selama 4 hari pada Selasa-Jum'at (29/9-02/10/2020) secara offline di Hotel Citra Cikopo, Bogor.


Kurang lebih 30 orang yang hadir di training hari kedua ini, dengan tema "Melalui pembekalan persiapan masa pensiun, siap pensiun bahagia, produktif, dan sukses."


Sesi kali ini mengenai ilmu parenting, berharap agar calon pensiunan ASN Kemenhub selalu menumbuhkan rasa bahagia di dalam keluarganya saat masa pensiun. Acara ini dipandu oleh Coach Ida S.Widayanti (lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian) dan Nurhali (Asisten).


Coach Ida bertanya kepada para peserta, "Apa yang diinginkan bapak dan ibu di masa purna bakti atau pensiun?"


Salah satu peserta menjawab ingin sehat dan bahagia setiap hari.



<more>


"Apa yang membuat kita bahagia?" tanya Ida.


Seorang ASN Kemenhub ada yang menjawab bahagia bersama keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah.


Kurang lebih 70 tahun Robert Waldinger meneliti sebuah riset terlama sepanjang sejarah tentang alasan yang membuat hidup kita tetap sehat dan bahagia, jawabannya adalah 'Good relationships keep us happier and healthier period' atau kalau istilah bagi orang Islam yaitu menjaga silaturahmi.


"Yang membuat kita bahagia adalah menjalin hubungan yang baik. Dengan sang Pencipta, keluarga, rekan kerja, tetangga, sanak saudara, sang leaders. Banyak impact untuk kita sendiri. Memperpanjang umur dan menambah rejeki misalnya," jelas sangat ahli parenting.




Ilmu parenting ini dirasakan hingga diresapi oleh 30 orang ASN Kemenhub. Seperti yang dipaparkan oleh Muhammad Yusuf, salah satu ASN Kemenhub.


"Saya telat mengetahui ilmu yang luar biasa ini,  tapi pesan saya kepada bapak-bapak yang masih memiliki istri dan keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah tetap dipertahankan."




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA