Sabtu, H / 31 Juli 2021

ESQ MPP New Normal, Bekal Pensiunan ala Kementerian Perhubungan

Selasa 29 Sep 2020 15:07 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret saat kegiatan berlangsung

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Sebanyak 40 orang yang terdiri dari calon pensiunan Kementerian Perhubungan RI mengikuti kegiatan Training ESQ MPP New Normal dengan tema "Melalui Pembekalan Persiapan Masa Pensiun. Siap Pensiun, Produktif dan Sukses" di Hotel Citra Cikopo, Bogor, pada Selasa (29/9/2020).


Saat training berlangsung, protokol kesehatan tetap dijaga seperti pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.


Tujuan mereka ikuti Training MPP salah satunya untuk mendapatkan ilmu Pembekalan Pegawai Negeri Sipil Memasuki Masa Purna Bakti di Lingkungan Kementerian Perhubungan tahun 2020.


<more>


Di awal acara, ada pembacaan laporan kegiatan dari Sukirno Dwi Susilo, S.Sos., M.MTr (Kepala Bagian Mutasi, Kesejahteraan, dan Disiplin Pegawai). Kemudian dilanjutkan oleh sesi penyambutan dari Ir. Hernandi Tri Cahyanto, M.T (Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi).


CEO ESQ Group, Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian ikutserta menyapa dan sedikit berbagi cerita tentang perjalanan karirnya yang pernah menjadi ASN juga.




“Saya dulu pernah menjadi ASN pegawai negeri dan dosen di Politeknik Universitas Udayana, namun berhenti. Memilih untuk menjadi pengusaha celana jeans dengan modal 1 juta. Jatuh bangun saya saat itu. Tapi sekarang saya Alhamdulillah bisa membuat buku ESQ dan membangun Menara 165,” kata Ary.


Selain Ary Ginanjar, training MPP Kemenhub diisi juga oleh Coach Heidy dan Nurhali.


Modul Wisdom Living, Coach Heidy mengajak peserta training membangun Mindset Positif tentang episode pensiun.




“Inilah beberapa fase menjelang hingga saatnya masa pensiun itu tiba, yaitu Pre-Retirement Phase, Honeymoon Phase, Disenchanment Phase, Reorientation Phase, Stability Phase. Semua ini harus dipersiapkan sedini dan sebaik mungkin ya bapak-bapak,” papar Coach Heidy.


Tim ESQ MPP berharap agar karyawan siap menghadapi masa pensiun di era pandemi ini, secara mental psikologis, bagaimana mengelola keuangan pensiun dan cara merencanakan aktivititas pensiun atau berwirausaha.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA