Jumat, H / 24 September 2021

ESQ MPP Ajak Insan HK Sebuah Ritual

Kamis 10 Dec 2020 20:34 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Potret suasana Training

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA – “Saya akan ajak bapak dan ibu sebuah ritual ESQ dengan beberapa kalimat afirmasi. Nantinya ditanamkan dalam jiwa lalu dipraktekkan sehari-hari. Di mulai dari gerakan badan, ucapkan kata-kata positif, dan fokus kepada hal-hal yang baik,” demikian yang disampaikan oleh Coach Tiko (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian) kepada kurang lebih 29 insan Hutama Karya (HK) dalam event ESQ Masa Persiapan Pensiun (MPP).

Coach Tiko jelaskan tentang mental state dengan rumus GKF (Gerak, Kata, Fokus). Ritual dengan rumus GKF ini untuk melakukan mental state yang positif yakni sholat bagi yang muslim.

Mulai dari bangun tidur (Gerakkan badan untuk wudhu lalu sholat), ucapkan Kata-kata berupa doa. Serta fokus kepada hal yang baik atau bersyukur).

“Fokus kepada 1 hal baik dan positif yang pernah dilakukan dalam hidup kalian. Dari situ muncul energi yang membuat kita lebih inspiratif dan tercerahkan. Dahulukan fokus kepada apresiasi bukan ekspektasi” lanjutnya. 

Program tersebut telah berlangsung pada Kamis (10/12/2020) via zoom meeting. Meskipun daring, mereka tampak enjoy mengikuti setiap sesinya. Terlebih saat suasana ritual sudah dimulai, mereka terlihat rileks sembari menutup matanya.

“Karena di masa pensiun ini kita harus tetap fokus kepada apa yang ada atau miliki (syukuri) bukan apa yang hilang misal kehilangan pekerjaan, rutinitas bersama teman dan lainnya,” Coach Tiko mengingatkan.

Contohnya, pemilik KFC yaitu Colonel Harland Sanders, yang sukses selepas dia pensiun. Ide dan inovasinya muncul ketika dia tak muda lagi. Saat pensiun, dirinya sibuk menulis pencapaian apa saja yang pernah diraih meskipun sederhana. 

Karena kondisinya fokus dan tenang, akhirnya ia teringat salah satu keunggulan dalam dirinya yaitu ayam goreng buatannya terkenal lezat. Maka, berdirilah KFC pada tahun 1952.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA