Jumat, H / 19 April 2024

Cara Menjadi Public Speaker Hebat

Selasa 19 Mar 2019 21:13 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Public Speaking mengubah zero menjadi hero

Foto: ESQ Media

ESQNews.id, JAKARTA - Training ESQ Certified Public Speaking dilaksanakan dengan tujuan mengubah seseorang dari zero to hero dan speaker HEBAT. Training ini dilaksanakan di Ruang Istanbul (exclusive) lantai 4 ESQ Menara 165. Dipandu oleh Coach Rendy dan Coach Sandi acara ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 19-21 Maret 2019.


Menurut Coach Rendy menjadi Public Speaker itu harus banyak berlatih dan dilakukan berulang-ulang. "Diusahakan temanya kita kuasai ketika belajar, gerakan tubuh harus diperhatikan, lakukan ketika kita dalam kondisi sadar sebagai Public Speaker," jelasnya. 


Ada beberapa Vocal techniques yang diberikan Coach Rendy kepada para peserta. Mengatur besar dan kecilnya power atau suara yang digunakan, artikulasi atau memperhatikan cara membaca barangkali ada sebuah huruf yang salah atau hilang saat diucapkan. 


Kemudian memperhatikan intonasi atau pola berbicara sebagai Public Speaker. "Hati-hati polanya jangan sampe datar itu tidak enak di dengar bikin jenuh. Perhatikan tinggi rendahnya suara," jelas Coach Rendy. 


"Mengatur speed atau kecepatan suara pembicara agar mudah dipahami orang, mengatur pause atau jeda agar audien bisa meresapi konteksnya dan memberikan emphasis atau keyword penting dalam tema kita," tambahnya. 


Peserta yang hadir memberikan tanggapan yang luar biasa tentang Training ini. "Saya memprioritaskan acara Training ini karena saya butuh banget ilmunya. Di kantor saya itu, saya ditunjuk jadi humas. Otomatis public speaking saya harus lebih baik. Alhamdulillah di hari pertama ini banyak banget pelajaran melalui praktek langsung berbicara. Gak sabar nunggu materi di hari esok pasti lebih seru," papar Nindi dari PT. Len Industri di Bandung.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA