Jumat, H / 29 Maret 2024

Beberapa Titik Fasilitas Kesehatan di Banyuwangi Menjelang Idul Fitri

Selasa 28 May 2019 12:27 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Puskesmas Benculuk

Foto: Wikipedia

ESQNews.id, JAKARTA – Pentingnya fasilitas dan tenaga medis setiap saat, khususnya menjelang arus mudik dan arus balik lebaran. dr. Rio sebagai Kepala Dinas Kabupaten Banyuwangi mengatakan nanti setiap kecamatan di Banyuwangi ada puskesmas yang siap siaga (minimal satu) puskesmas yang melayani warga saat membutuhkan layanan kesehatan selama libur lebaran berlangsung.


Kurang lebih ada 28 Puskesmas yang buka 24 jam dan siap siaga melayani warga. Tak hanya puskesmas sebagai fasilitas kesehatan, adapun beberapa rumah sakit di jalur mudik yang diminta untuk antisipasi kejadian darurat. Misalnya antisipasi adanya pengecekan kesehatan terhadap pengendara mobil maupun motor. 


Baca juga: Puskesmas Banyuwangi Tetap Siaga Saat Libur Lebaran


“Puskesmas yang standby 24 jam nonstop ini adalah puskesmas yang melayani rawat jalan. 18 puskesmas ini kami siagakan terus. Untuk yang 10 puskesmas lainnya, jam operasinya mengikuti jam kerja kantor di hari biasa, dari pagi hingga siang hari,” ucap Yusuf pada (5/27) di fanpage berita Kabupaten Banyuwangi.


Banyuwangi juga menyiapkan sebanyak 8 posko kesehatan untuk para pemudik Lebaran. Posko disebar di sepanjang jalur nasional mulai dari Wongsorejo hingga Kalibaru. Pelayanan posko kesehatan ini pun tidak dikenakan biaya sepeser pun dan disiagakan H-7 hingga H+7 Lebaran. "Posko kesehatan ini akan bergabung dengan pos pengamanan yang bekerja sama dengan kepolisian, TNI, dan Dishub," tambah WaBup Banyuwangi.


Baca juga: Pertolongan Pertama (P3K) Kondisi Darurat Saat Mudik


Alangkah baiknya kepada para pemudik agar menjaga mental, fisik, kesehatan dan lainnya. Persiapkan semaksimal mungkin agar mudik berjalan lancar termasuk surat kelengkapan mengemudi. Demi keamanan dan kenyamanan bersama jangan lupa istirahat bila merasa lelah. 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA