Selasa, H / 04 Oktober 2022

Asem Kepala Sembilang

Selasa 04 Jan 2022 11:03 WIB

Reporter :EDQP

Tangkapan Layar

Foto: Dokumen Pribadi Mushlihin

Oleh: Mushlihin (Sekretaris PRM Takerharjo Solokuro Lamongan)


ESQNews.id, JAKARTA – Segala puji bagi Allah yang memberi makan asem kepala Sembilang  kepada kami berempat yakni KH. M. Tsabit, M. Khozin, Edi Sucipto dan saya yang merupakan anggota PRM Takerharjo Solokuro Lamongan.  Allah memberi rezeki makanan ini tanpa daya dan kekuatan kami. Sebab untuk pertama kali kami menikmatinya. Rasanya tidak berujung. Apalagi kami lapar. Daging yang menempel di tulang tak tersisa. Tempatnya di Warung Sembilang Manyar Gresik, Selasa 28/12/2021. Sepulang kami belanja diesel di Surabaya.


Kami ingin menahu makanan istimewa itu. Beberapa sumber mengatakan, sembilang yaitu ikan laut jenis Plotosus. Siripnya berbisa. Orang mengenali sebagai lele laut. Hidupnya di air payau. Air laut bercampur air tawar atau kali. Biasanya berlendir. Menghilangkannya dengan garam atau jeruk nipis. Caranya disiram, diperas dan diremas sehingga lebih kesat. Diamkan selama 30 menit dan dicuci lagi.


Berikutnya bumbu apa saja yang digunakan? Di antaranya sereh,  kunyit, daun salam, jeruk, tomat, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, asam, santan, jahe, lengkuas, dan kemangi.




Selanjutnya bagaimana mengolahnya? Ikan dicampur bumbu dan dimasak sampai matang. Tandanya beraroma sedap. Sajikan dengan nasi. Tentunya lebih gurih. Sedikit saja sudah terasa di mulut. Penasaran? Silakan buka YouTube.


Walhasil harganya tidak receh. Kami membayarnya 280.000 rupiah. Kami senang. Ketika hendak pulang, kasir bilang salah hitung. Sebenarnya 380.000 rupiahKami terbengong. Meskipun demikian, pelanggan yang datang belakangan tidak kebagian.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA