Jumat, H / 29 Maret 2024

Aroma Teh Celup Sariwangi Kini Tinggal Kenangan

Senin 04 Sep 2023 09:12 WIB

-

Tea

Foto: Google


ESQNews.id, JAKARTA - Bisnis dunia mengalami banyak perubahan setelah industri 4.0 digaungkan. Silih berganti perusahaan-perusahaan yang dulu perkasa menyandang gelar juara di bidangnya tiba-tiba berkabar sudah gulung tikar.


Setelah para pembaca Tabloid Bola dikejutkan dengan edisi terakhirnya, berbondong-bondong bacaan anak zaman 90-an ini diburu. Tutup sudah kenangan kartun-kartun sepakbola dengan wajah mirip angka sembilan dengan kepala botak.


Berselang beberapa waktu, perusahaan produsen terkemuka Sariwangi resmi berstatus Pailit setelah putusan pembatalan homologasi dari salah satu kreditur dikabulkan Majelis Hakim.


Hilang tinggal kenangan. Padahal, pada masa jayanya orang-orang begitu kenal dengan inovasi teh celup Sariwangi yang merajai teh dengan inovasi kantong celup tersebut.


Sariwangi atau PT Sariwangi Agricultural Estate lahir di tahun 1962 saat demam teh merebak seantero nusantara. Bukan hanya menjadi kegemaran masyarakat, teh juga kerap menjadi pilihan untuk menjamu tamu di rumah.


Masa kedikdayaan perusahaan pemilik tagline "Mari Ngeteh Mari Bicara" ini berawal dari inovasi teh kantong celup yang dibuat tahun 1970. Kesuksesan tersebut menggoda Unilever untuk mengakuisisi produk Sariwangi di tahun 1989. Dilansir dari Kompas.com, kejayaan Sariwangi pernah menyentuh penjualan 46.000 ton teh celup per tahun dan 8 juta kantong teh per tahun.


Kemudian kedigdayaan itu mulai goyang saat kebijakan investasi membuat kebijakan untuk meningkatkan produksi perkebunan. Sistem drainase yang merogoh keuangan mereka tidak sepadan dengan hasil produksi yang diharapkan meningkat.


Cicilan utang bak drainase yang gagal menyuburkan tanaman, satu-persatu kreditur mulai melayangkan tagihan. Hingga di tahun 2018 atau tepatnya Rabu (17/10) kemarin, Majelis Hakim Pengadilan Niaga Jakarta Pusat mengabulkan pembatalan homologasi dari salah astu kreditur terhadap Sariwangi Agricultural Estate Agency dan Maskapai Perkebunan Indorub Sumber Wadung.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA