Jumat, H / 29 Maret 2024

74 Tahun Merdeka, Ary Ginanjar: Ayo Merdeka Dalam Tiga Hal!

Senin 19 Aug 2019 11:49 WIB

Author :Admin

Ary Ginanjar memberikan pemaknaan kemerdekaan di belakang panggung Training ESQ New Chapter, Sabtu (17/8).

Foto: Leo M Arief/ESQ Media

"Tiga kemerdekaan itu harus kita raih, tidak cukup kemerdekaan secara fisik, harus merdeka secara emosi dan juga kemerdekaan secara spiritual, itulah kemerdekaan sejati. Dirgahayu NKRI ke 74, MERDEKA," pungkas dia.


ESQNews.id, JAKARTA - Tokoh Pembangunan Karakter Bangsa, Ary Ginanjar Agustian memberikan pemaknaan tentang arti kemerdekaan. Di hari kemerdekaan Indonesia ke 74, Sabtu, 17 Agustus 2019 Ary Ginanjar memaknai kemerdekaan dalam tiga hal.


"Banyak hikmah yang harus kita pelajari dari kemerdekaan. Di mata saya ada tiga hal tentang kemerdekaan," ujar Ary Ginanjar di sela-sela training ESQ New Chapter spesial kemerdekaan Indonesia, Sabtu (17/8) di Menara 165, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan.


Motivator Kondang Indonesia ini menjelaskan, kemerdekaan pertama adalah kemerdekaan fisik yang sudah diraih Indonesia selama 74 tahun. Merdeka dari para penjajah yang memiliki arti secara fisik.


Motivator Ary Ginanjar Agustian bernyanyi lagu kebangsaan Indonesia Raya

-Senyum Nenek Iroh di Trianing ESQ New Chapter

-Ustadz Hanan Attaki: ESQ Perjalanan Dakwah ke Dalam Jiwa


"Namun ada dua lagi kemerdekaan yang harus kita raih, yaitu kemerdekaan secara emosional. Merdeka dari kemudahan terprofokasi, merdeka dari amarah merdeka dari kecewa dan merdeka dari putus asa," jelas dia.


Pendiri ESQ Leadership Center ini melanjutkan, kemerdekaan yang ketiga adalah kemerdekaan yang terpenting. Yaitu merdeka secara spiritual, di mana bisa diartikan sebagai fitrah manusia yang terbebas dari egoisme dan berbagai kepentingan. 


Kebebasan ini melahirkan cinta sejati rasa persatuan kesatuan dan senantiasa ingin berbuat kebaikan untuk kepentingan bersama untuk kepentingan negara dan untuk kepentingan yang jauh lebih besar lagi, yaitu kepentingan seluruh dunia.


"Tiga kemerdekaan itu harus kita raih, tidak cukup kemerdekaan secara fisik, harus merdeka secara emosi dan juga kemerdekaan secara spiritual, itulah kemerdekaan sejati. Dirgahayu NKRI ke 74, MERDEKA," pungkas dia.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA