Jumat, H / 22 Oktober 2021

4 Influencing Plan di PT Pegadaian, Ary Ginanjar: Harus Jadi Leadership 4.0

Jumat 02 Oct 2020 18:40 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ary Ginanjar Agustian

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - "Harus jadi leadership yang 4.0 yaitu leadership yang siap dengan tantangan jaman. Jangkauan leadership yang memiliki visi itu sangat tergantung kepada level orientasi kita," demikian yang disampaikan oleh CEO ESQ Grpup, Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian kepada 20 orang para BOD-1 dan BOD-2 PT Pegadaian (Persero) yang melaksanakan Training Advance Leadership Batch V pada Jumat (02/10/2020) via daring.

Menurut Ary saat menyampaikan materinya bahwa semakin rendah orientasi kita, semakin rendah jangkauan visi kita. Sebaliknya, semakin tinggi orientasi kita semakin jauh cara pandang kita.



<more>


"Kalau targetnya perkembangan mungkin 20 tahun dia sudah jadi Dirut dan tercapai maka akan berhenti energinya. Tapi kalau kita sudah di Grand Why (pengabdian kepada sang Pencipta) membawa misi besar BUMN orientasinya adalah kontribusi, maka jangkauan kita bukan 20 atau 30 tahun lagi bahkan sampai tahun 2045 Indonesia Emas," jelas Ary.

Selain sang Motivator Indonesia, Training tersebut dipandu oleh Coach Bramanto Wibisono dan Coach Rudi (trainer lisensi dari Dr. (H.C) Ary Ginanjar Agustian).




Arti leadership menurut Coach Bram yaitu jika kita sudah komit kepada purpose, maka mudah bagi kita untuk menginsiprasi khalayak.

"Semua ide dan gagasan dia akan bisa dieksekusi dengan baik bila ada 4 vaeriabel di dalamnya. Bagaimana cara kita untuk meng-influe orang lain? Pastikan 4 hal ini berjalan di Departemen Anda," ujar Coach yang memakai kacamata saat acara berlangsung.

4 Influencing Plan,  di antaranya:

1. Role modelling
Apa yang dilakukan oleh Anda sebagai leader di dalam memberikan contoh atau teladan kepada tim Anda untuk sebuah perubahan yang Anda ingin lakukan terhadap pencapaian program kerja Anda?

2. Understanding and conviction
Apa yang harus Anda lakukan di dalam meubah mindset atau pemahaman orang lain untuk mendukung program kerja yang diharapkan?

3. Talent and skill
Apa yang harus Anda lakukan untuk membentuk skill dan knowledge tim Anda di dalam mendukung atau membantu program kerja yang diharapkan?

4. Formal mechanisms
Apa yang harus Anda lakukan untuk membuang suatu sistem proses kerja di dalam mendukung atau membantu program kerja yang diharapkan?

"Kami berharap bisa memberikan banyak manfaat, mengembangkan bisnis atau membangun bisnis baru yang maksimal kepada nasabah. Fokus pada pengembangan IT, membangun SDM yang profesional. Dengan adanya acara ini kami menghimbau kepada BOD manajemen dan pengelolaan uang fokus kepada kesehatan karyawan pada masa pandemi ini," harapan Dede Kurniawan salah satu BOD PT Pegadaian.




Di akhir event, Ary menyampaikan bahwa sebelum membesarkan Pegadaian, kita harus melebarkan cara pandang atau wawasan kita menjadi leadership yang best on contribution leadership yang memiliki meaning and purpose.

"Kalau itu terjadi saya percaya bahwa pegadaian akan bangkit sebangkit-bangkitnya, sejaya-jayanya."


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA