Jumat, H / 24 September 2021

1000 Orang Hadiri AKHLAK Award, Erick Thohir: Saya Senang Sekali Bisa Disampaikan Secara Transparan

Kamis 15 Jul 2021 13:42 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Erick Thohir, Menteri BUMN

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Erick Thohir, Menteri BUMN hadir sebagai Keynote Speaker di acara “Refleksi 1 Tahun AKHLAK BUMN” dan AKHLAK Award 2021. Acara tersebut digelar oleh ACT Consulting pada Kamis (15/7/2021) melalui Zoom Meeting dan Youtube.


Dalam ajang AKHLAK Award 2021 itu, turut mengundang 4 Mantan Menteri BUMN di antaranya Tanri Abeng, Sugiharto, Mustafa Abubakar, dan Dahlan Iskan. Namun sebelum acara dimulai sudah tersiar kabar wafatnya Mantan Meneg BUMN Sugiharto. Ary Ginanjar Agustian President  ACT Consulting sebagai penyelenggara membuka acara dengan memimpin doa Bersama untuk almarhum.


"Saya menyaksikan detik-detik terakhir beliau. Beliau adalah orang yang berakhlak mulia. Ampuni segala khilaf beliau, kami mohon kepadaMu terima amal ibadahnya. Berikan anak-anak dan keluarganya rasa ikhlas, aamiin."



<more>


Setelah doa bersama, Erick Thohir memberikan paparannya dengan singkat, jelas, dan penuh semangat.


“Saya dan kita semua harus merefleksikan diri. Pandemic juga mengajarkan kita bahwa cara-cara lama juga melimpahkannya marga dan sdm tidak lagi cukup untuk membuat kita kebal. Dan tantangan sehebat ini tidak lagi cukup untuk menjadikan BUMN-BUMN kita kompetitif,” jelas Erick Thohir kepada 1000 orang di zoom dan 250 penonton di Youtube.


 

“Mohon ijin Pak Menteri dan semuanya. Hasil riset itu murni adanya dengan menggunakan metode pemetaan dan pengukuran AKHLAK tersebut menggunakan AKHLAK Culture Health Index (ACHI). ACHI dilakukan secara daring dan diikuti seluruh pegawai BUMN yang diukur. Jadi saya juga atau tim tidak bisa mengotak-ngatik ini,” papar Ary.

 

Ia pun berharap dengan adanya hasil riset dan pemberian penghargaan ini menjadi motivasi bagi semua pihak di BUMN. Agar terus meningkatkan kinerjanya dan tak henti mengimplementasikan Core Values AKHLAK di dalam kehidupan sehari-hari.


“Tadi yang disampaikan Pak Ary, saya senang sekali bisa disampaikan secara transparan. Karena kita tahu masukan-masukan ini adalah sangat baik. Karena apa? Kita perlu transformasi menyeluruh. Tidak hanya model bisnis professional tapi yang terpenting juga transformasi human capitalnya,” puji pria filantropis Indonesia itu.

 


 

Selanjutnya, acara penghargaan dengan kategori BUMN untuk indeks implementasi per setiap nilai AKHLAK di antaranya Implementasi AKHLAK Terbaik, Implementasi Amanah Terbaik, Implementasi Kompeten Terbaik, Implementasi Harmonis Terbaik, Implementasi Loyal Terbaik, Implementasi Adaptif Terbaik, Implementasi Kolaboratif Terbaik. Masing-masing kategori di atas terdiri dari 3 pemenang yakni juara 1 dan Runner up (juara 2 dan 3).

 

Berikut ini adalah Pemenang AKHLAK Award 2021 kategori BUMN dan Anpernya dengan Indeks Implementasi:

 

Amanah Terbaik BUMN, Runner up jatuh kepada PT Bank Rakyat Indonesia dengan nilai B (59,4%) dan Kliring Berjangka Indonesia nilai B (53,7%). Juara satunya diraih oleh PT Taspen dengan nilai B (71,0%). Sedangkan Amanah Terbaik Anper BUMN, Runner Up-nya diraih oleh KAI Services dengan nilai B (70,0%) dan KAI Properti dengan nilai B (69,4%). Juara satunya diberikan kepada PT KAI Logistik dengan nilai B (71,1%).

Kompeten Terbaik BUMN, Runner up diraih oleh PT Taspen dengan nilai B (61,6%) dan Kliring Berjangka Indonesia nilai B (57,4%). Juara satu diberikan kepada PT Telkom Indonesia dengan nilai B (68,3%). Sedangkan Kompeten Terbaik Anper BUMN, Runner Up-nya diraih oleh Telkomsat dengan nilai B (73,5%) dan Yakes-Telkom dengan nilai B (73,0%). Untuk juara satunya diberikan kepada PT Telkom Infra dengan nilai A (78,9%).

Harmonis Terbaik BUMN, Runner up: PT PP dengan nilai C (45,9%) dan PT Telkom Indonesia nilai C (39,0%). Juara satunya diraih oleh PT Bank Rakyat Indonesia dengan nilai C (46,1%). Sedangkan Harmonis Terbaik Anper BUMN, Runner Up-nya diraih oleh KAI Wisata dengan nilai B (58,5%) dan Metranet  dengan nilai B (53,8%). Untuk juara satunya diberikan kepada PT Railink (KAI Bandara) dengan nilai B (59,6%).

Loyal Terbaik BUMN, Runner up: PT Pegadaian dengan nilai C (42,1%) dan PT KAI nilai C (36,2%). Juara satu diraih oleh PT Telkom Indonesia dengan nilai B (61,7%). Sedangkan Loyal Terbaik Anper BUMN, Runner Up-nya diraih oleh Mitratel dengan nilai B (63,6%) dan Telin dengan nilai B (61,4%). Untuk juara satunya diberikan kepada Yakes-Telkom dengan nilai B (64,1%).




Adaptif Terbaik BUMN, Runner up: PT KAI dengan nilai B (54,4%) dan Kliring Berjangka Indonesia nilai B (53,7%). Juara satu diberikan kepada PT Taspen dengan nilai B (63,9%). Sedangkan Adaptif Terbaik Anper BUMN, Runner Up-nya diraih oleh Petrokimia Gresik dengan nilai B (62,4%) dan KAI Logistik dengan nilai C (49,2%). Untuk juara satunya diberikan kepada Pupuk Kaltim dengan nilai B (69,4%).

Kolaboratif Terbaik BUMN, Runner up: PT PP dengan nilai B (53,8%) dan Kliring Berjangka Indonesia nilai B (50,0%). Juara satu diraih oleh PT Telkom Indonesia dengan nilai B (65,4%). Sedangkan Kolaboratif Terbaik Anper BUMN, Runner Up-nya diraih oleh Dapen Telkom dengan nilai B (74,6%) dan Telkom Akses dengan nilai B (73,9%). Untuk juara satunya diberikan kepada PT Pins Indonesia dengan nilai A (77,4%).

 

Sedangkan untuk peraih kategori BUMN Indeks Keseimbangan Fokus Organisasi adalah PT Pelabuhan Indonesai 1 dan PT Pertamina yang sama-sama mendapatkan nilai A (100%). Dan pemenang dengan kategori BUMN AKHLAK Indeks Terbaik diberikan kepada PT Telkom Indonesia.


Pemenang AKHLAK Award 2021 Penghargaan Khusus BUMN: Role Model, Integrasi Roadmap, Holding-Anper, diraih oleh PT Pupuk Indonesia Holding Company. Sedangkan Penghargaan Khusus Anak Perusahaan BUMN: Role Model dalam konsistensi pengukuran diraih oleh PT Telekomunikasi Seluler. Terakhir adalah kategori juara umum (AKHLAK Indeks Terbaik) jatuh kepada PT Telkom Indonesia.




Gelaran tersebut merupakan momentum untuk melakukan evaluasi sejauh mana keberhasilan implementasi Core Values AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) setelah digulirkan sejak 1 Juli 2020 pada seluruh BUMN bersama anak perusahaan.

 

Dalam dua belas bulan terakhir, BUMN menyelenggarakan berbagai program budaya di organisasinya masing-masing untuk mensosialisasikan dan menginternalisasikan Core Values AKHLAK agar menjadi perilaku sehari-hari.

 

Pemberian Award berdasarkan hasil riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK yang telah dilakukan oleh ACT Consulting selama periode September 2020–Juli 2021 terhadap 62 BUMN dan Anpernya. Dari riset dan kajian yang secara periodik itu, diketahui Indeks Implementasi AKHLAK, yaitu sejauh mana nilai-nilai AKHLAK diimplementasikan baik yang dialami maupun yang diamati oleh para karyawan.

 

Hasil yang didapatkan dari Rata-rata indeks Implementasi AKHLAK di BUMN dan Anper saat ini nilainya masih di angka 43.0%. Nilai tersebut berada di kategori C, artinya pegawai kadang-kadang mengimplementasikan AKHLAK dalam perilaku kerja sehari-hari.


Pada pengukuran tersebut juga didapatkan tingkat implementasi AKHLAK masing-masing nilai secara rata-rata di 62 BUMN dan Anpernya.  Nilai AMANAH 46.1% (kategori C atau rendah), KOMPETEN 51.7% (kategori B atau cukup Sehat) , HARMONIS 38,3% (kategori C atau rendah), LOYAL 36,2% (kategori C atau rendah), ADAPTIF 36,6% (kategori C atau rendah), dan KOLABORATIF 49.7% (kategori C atau rendah).




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA