Kamis, H / 28 Maret 2024

Turki, Negara Terdepan dalam Media dan Kebebasan Pers

Senin 13 Jan 2020 08:59 WIB

Author :Redaksi

Presiden Erdogan.

Foto: fornews


Erdogan menekankan Turki adalah negara terdepan dalam kebebasan pers, teknologi komunikasi modern, media sosial, dan jurnalisme online di antara negara terkemuka lainnya.


ESQNews.id, ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Kamis merilis sebuah pesan ucapan selamat kepada seluruh jurnalis yang memperingati ‘Hari Jurnalis' Nasional Turki pada tanggal 10 Januari.


"Keberadaan media, yang vokal, efektif dan mampu memberi informasi kepada publik tanpa ada batasan, adalah kondisi yang sangat diperlukan untuk masyarakat yang demokratis dan transparan," kata Erdogan dalam pesan tersebut.


Presiden Erdogan mencatat bahwa Turki cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi komunikasi dan Turki. Hal tersebut karena Turki adalah salah satu negara terdepan dalam media cetak dan penyiaran serta media sosial dan jurnalisme daring atau online di dunia.

<more>

Untuk menghidupkan opini publik yang sehat, kata Erdogan, penting bagi awak media untuk memastikan etika profesional dan kepekaan mereka dalam memberikan informasi yang akurat dan tidak memihak. "Negara kami telah melewati masa di mana demokrasi kita terganggu dan pembangunan kita terhambat," lanjut dia dilansir Anadolu Agency.


"Butuh waktu lama bagi pers dan masyarakat kita untuk menghilangkan efek negatif dari proses ini," tambah presiden. "Saya percaya bahwa media kita akan memenuhi tugas untuk menginformasikan masyarakat secara akurat dan tidak memihak," kata Erdogan.


Selain mengucapkan selamat hari wartawan, Erdogan juga berharap kepada para wartawan agar mengembangkan diri dan bisa bekerja dalam kondisi yang nyaman, sehingga segala upaya mereka dapat dihargai oleh khalayak. Hari Jurnalis ini diperingati sejak 1961, ketika Undang-Undang (UU) Pers mulai berlaku di Turki. UU tersebut disahkan untuk menghormati dan menjamin hak-hak para jurnalis.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA