Kamis, H / 04 Juni 2020

Tips Mudik Sehat Bagi Ibu Hamil

Selasa 12 Jun 2018 16:00 WIB

Santi Rahmawati

ilustrasi wanita hamil

Foto: pinterest

ESQNews.id, TANGERANG - Musim mudik yang sudah mulai padat pada minggu ini, rasanya tidak terlepas dari berbagai hal seru dan unik dari para pemudik. Khususnya bagi para bumil atau ibu hamil yang ikut mudik saat mengandung. Mulai dari kisah seorang ibu yang melahirkan di jalan tol saat macet sampai kisah ibu hamil yang mengalami mual dan muntah berlebihan selama perjalanan.

Mual dan muntah pada ibu hamil memang seakan merupakan hal yang lumrah, akan tetapi jika terjadi secara berlebihan maka tentu akan membuat kesehatan kehamilan ibu dan janin terganggu.Terlebih ditambah saat mual dan muntah yang terjadi akibat perjalanan tentu membuat berbagai asupan gizi dalam tubuh ibu hamil tidak terpenuhi.

Selain itu, ibu hamil juga bisa mengalami kondisi tidak nafsu makan dan pemenuhan kebutuhan gizi kehamilan akan semakin tidak tercukupi. Serta risiko lainnya adalah meningkatnya bahaya akibat mual muntah berlebihan pada ibu hamil, yaitu dehidrasi.

Hal ini bisa memengaruhi keseimbangan elektrolit yang kurang baik dalam tubuh ibu selama perjalanan, risikonya bisa jadi justru semakin menurunkan nafsu makan, konsentrasi hingga menyebabkan tubuh lemas hingga pusing.

ESQNews.id memberikan beberapa tips gerakan dan pilihan makanan tepat bagi ibu hamil yang sedang dan akan mudik untuk menghindari hal-hal seperti mual dan muntah berlebih. 

Tips yang dilansir dari laman Dokter Sehat dapat dilakukan bagi ibu hamil yang sedang berpuasa maupun tidak berpuasa. Berikut ini tips yang dapat kami bagikan.

1. Perhatikan posisi duduk yang seimbang dan lokasi dimana ibu hamil bisa merasa rileks

Posisi duduk selama perjalanan mudik bisa memengaruhi terjadinya mual muntah pada ibu hamil, lho.

Ibu hamil sebaiknya duduk pada posisi yang tegak namun tetap nyaman, bukan asal duduk sehingga tubuh kurang seimbang posisinya, misalnya terlalu miring. Hal ini agar pencernaan tetap lancar dan mengindari gangguan pada produksi asam lambung.

Ibu hamil bisa memilih posisi dimana ia bisa duduk dengan rileks. Misalnya di kursi mobil bagian depan agar bisa melihat jalanan atau berada di dekat jendela pesawat maupun kereta.

Membiarkan jendela kendaraan, misalnya mobil, bis atau kereta, sedikit terbuka dinilai bisa mengurangi rasa mual muntah karena ibu hamil lebih rileks.


2. Melakukan beberapa pijatan ringan

Pijatan ringan bisa ibu lakukan untuk mengindari rasa tegang. Pijatan atau gerakan tertentu pada jari atau telapak tangan ibu yang bisa dilakukan sendiri bisa membuat ibu merasa rileks selama di perjalanan.


3. Memilih makanan yang tepat sebelum dan saat perjalanan

Pemilihan makanan yang tepat bisa dilakukan ibu hamil, ketika ibu hamil akan berangkat, baik dalam kondisi puasa maupun tidak.

Beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum ibu hamil melakukan perjalanan adalah:

- Konsumsi makanan tinggi vitamin B6, yaitu kacang-kacangan, daging merah dan sayuran hijau sebagai menu makanan utama

- Hindari konsumsi makanan yang mengganggu kondisi pencernaan, misalnya makanan yang asam, pedas, bergas atau berlemak dan bersantan

- Tidak mengonsumsi makanan dalam porsi yang terlalu besar


Sedangkan saat diperjalanan, ibu hamil bisa memilih makanan diantaranya:

- Makanan kering seperti biskuit dan roti bakar

- Buah kering atau kacang-kacangan

- Buah segar yang kaya rasa misalnya jeruk manis, mangga atau apel manis




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA