Sabtu, H / 26 September 2020

Tips Mengatasi Kecemasan/Anxiety Disorder

Senin 16 Mar 2020 14:08 WIB

Author :Titin Nuryani L. Wiyono

ilustrasi

Foto: leafly


ESQNews.id - Kecemasan atau Anxiety Disorder adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan khawatir, cemas, atau takut yang cukup kuat untuk mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang.

Contoh gangguan kecemasan termasuk serangan panik, gangguan obsesif-kompulsif dan gangguan stres pasca-trauma. Gejala-gejalanya termasuk stres yang tidak proporsional dengan dampak peristiwa, ketidakmampuan untuk menyingkirkan kekhawatiran dan kegelisahan. Perawatan termasuk konseling atau pengobatan, termasuk antidepresan.

Berikut ini tips untuk merawat diri dari Anxiety;

Identifikasi dan kelola kekhawatiran Anda
Tuliskan hal-hal yang Anda khawatirkan dan tentukan mana yang dapat Anda kontrol. Sisihkan waktu tertentu untuk mengatasinya.

Latihan Pernapasan
Breathwork membantu kita mengatasi dan merasa lebih terkendali dengan menenangkan sistem saraf.
4-7-8 Breathing: bernafas dalam selama 4 detik. tahan napas selama 7 detik. buang napas selama 8 detik.

Peduli dengan Kesehatan Fisik Anda
Tidur 8 jam. Makanlah secara teratur untuk menstabilkan kadar gula darah. Terlibat dalam latihan fisik (berjalan-jalan, melakukan yoga, menari).
<more>
Bicaralah dengan Seseorang yang Anda Percaya
Berbicara dengan seseorang dapat membantu meringankan beberapa gejala kecemasan. Ini bisa menjadi terapis, teman, atau siapa saja yang hanya mendengarkan dan menunjukkan bahwa mereka peduli.

Yang perlu kita ingat, perasaan bukanlah fakta. Seringkali yang dipermasalahkan bukan masalahnya. Masalahnya adalah terlalu banyak berpikir berlebihan yang Anda lakukan dengan masalah itu. Seharusnya kita biarkan dan bebaskan. Pikiran kita akan melakukan apa yang ingin dilakukannya. Jadi jangan sampai pikiran negatif yang menguasainya.




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA