Rabu, H / 24 Oktober 2018

Tips Makan Sehat dan Enak Saat Traveling

Kamis 02 Aug 2018 14:11 WIB

Rep:Nindya Putri/Ed:Singgih Wiryono

Makanan praktis dan sehat (Ilustrasi)

Foto: Nesting

ESQNews.id, JAKARTA - Bepergian atau traveling merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi setiap orang. Apalagi, jika berniat untuk camping. Namun, butuh persiapan matang untuk bisa berkemah dengan tenang dan leluasa, mulai dari persiapan fisik, peralatan berkemah, hingga persediaan makanan. 


Banyak yang berpendapat bahwa jika berkemah maka kita harus siap untuk tidak menyantap makanan enak seperti di rumah, biasanya berkemah hanya membawa makanan instan seperti mie, roti, biskuit dan lain-lain. Ternyata, itu tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa cara agar kita bisa tetap menyantap makanan yang lezat dan sehat meskipun saat berkemah jauh dari rumah. Berikut tips dan triknya, sebagai berikut :


1. Bawalah barang yang penting saja. Bagi anda yang baru akan mencoba berkemah, usahakan untuk membawa barang-barang yang penting saja seperti jaket, sleeping bag, dan baju ganti secukupnya. Karena ruang pada ransel anda masih akan digunakan untuk barang-barang lain, yakni keperluan memasak.


2. Siapkan kompor portable. Kompor portabel ini bisa dikatakan “kecil-kecil cabe rawit”. Bentuknya yang tidak terlalu besar membuatnya mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain kompor, kita juga harus menyiapkan gas tabung mini. Gas ini tersedia di berbagai minimarket. Jadi, sebelum berangkat berkemah, kita bisa menyiapkan alat-alat masak terlebih dahulu di rumah.


3. Cooking set/Nesting. Alat masak yang satu ini cukup populer di kalangan para pendaki dan traveler. Bagaimana tidak, ukurannya yang mini dan bentuknya yang disetting agar praktis dan tidak “makan tempat” menjadi alasan mengapa cooking set wajib dibawa saat berkemah.


4. Sempatkan membeli sayur di pasar terdekat. Ini adalah salah satu tips yang cukup penting. Biasanya, setelah sampai di lokasi berkemah kita sudah tidak sabar untuk mendirikan tenda dan mulai berkemah. Tapi, sempatkanlah untuk membeli sayuran dan bumbu-bumbu masak di pasar terdekat. Hal ini akan sangat membantu kita untuk bisa masak makanan enak dan sehat ketika berkemah. Selain itu, sayuran yang dibawapun masih segar.


5. Mengolah makanan kaleng. Makanan kaleng juga bisa menjadi alternatif makan enak dan sehat saat berkemah, seperti kornet ataupun sarden. Kornet bisa dimasak dengan sayur maupun sebagai campuran telur. Sarden juga bisa menjadi lauk pauk andalan ketika berkemah.


6. Memasukan telur ke dalam botol. Selain membawa makanan kaleng yang mudah dan praktis disimpan, telur juga bisa disimpan di dalam ransel tanpa khawatir pecah. Caranya, dengan memasukan isi telur ke dalam botol plastik. Dengan begitu, telur tidak akan pecah dan berserakan kemana-mana.


Tak ada salahnya jika hendak berkemah anda mencoba tips-tips di atas, selain lebih praktis, juga menjadi alternative pilihan untuk tetap bisa menyantap makanan sehat dan lezat saat berkemah maupun melakukan aktivitas di alam bebas.


Dapatkan Update Berita

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA