Kamis, H / 28 Maret 2024

Tiket Pesawat Mahal, Ini Keluhan Para Pemudik

Kamis 16 May 2019 09:34 WIB

Reporter :Redaksi

Tiket Pesawat (Ilustrasi)

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA - Mahalnya harga tiket pesawat banyak dikeluhkan para pemudik. Janji pemerintah untuk menekan maskapai agar menurunkan harga tiket pesawat tak kunjung terealisasi.


Salah satu pemudik yang ditemui ESQNews.id adalah Duki Alamsyah. Pria asal Sumatera Barat ini mengeluhkan harga tiket yang begitu tinggi tapi mau tak mau harus dia beli.


"Tahun lalu 1,5 juta pulang pergi, sekarang 1,7 juta satu kali jalan," ujar dia saat ditemui di Menara 165, Jakarta Selatan, Kamis (15/5).


Duki mengeluhkan harga tiket pesawat yang begitu tinggi sehingga uang THR yang semestinya dialokasikan untuk oleh-oleh dan persiapan lebaran ludes untuk ongkos pulang pergi saja.


"Jadi abis di jalan THRnya," jelas dia.


Sebelumnya Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menjanjikan tiket pesawat jelang mudik akan segera turun. Kebijakan menurunkan batas atas tiket pesawat tersebut  akan terealisasi hari ini.


Dilansir dari CNN Indonesia, Budi Karya mengatakan penerbitan SK penurunan batas atas sebagai tindak lanjut dari keputusan Kementerian Perhubungan selaku regulator menurunkan tarif batas atas tiket pesawat sebesar 16 persen.


"Dikeluarkan hari ini (Rabu 15/5) iya. Realisasinya besok (Kamis 16/5)," seperti dilansir CNN Indonesia.


Namun demikian, pantauan ESQNews.id dari beberapa situs belanja tiket pesawat saat berita ini ditulis. Belum ada penurunan yang signifkan terhadap tiket pesawat. Semisal harga terbang dari Lombok ke Jakarta yang normalnya di kisaran 800 ribu hingga 1,2 juta masih terlihat di atas 1,5 juta untuk maskapai Citilink di tanggal selepas lebaran.


Demikian beberapa maskapai lainnya khususnya untuk Low Cost Carrier (LCC) atau tipe ekonomi.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA