Jumat, H / 29 Maret 2024

Ternyata Sayur dan Buah Dapat Mencegah Asma

Senin 14 Aug 2023 18:47 WIB

-

ilustrasi

Foto: pinterest


ESQNews.id - Asma menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan orang dengan berbagai penyebabnya. Bisa karena faktor keturunan, kondisi tubuh, atau bahkan faktor lingkungan sekitar. Orang yang memiliki keturunan penyakit asma akan berupaya menghindari faktor yang akan menyebabkan asma nya kambuh. Biasanya karena kelelahan, udara dingin, debu, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, jarang sekali yang memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya. Padahal asupan makanan juga menjadi salah satu penyebab asma dapat lebih sering kambuh. 

Perlu kita perhatikan bahwa makanan yang kaya akan nutrisi dapat membantu mencegah atau meminimalkan asma. Meskipun secara penelitian tidak dapat membuktikan sebab dan akibatnya, seorang spesialis asma mengatakan bahwa tidak ada kerugian untuk makan lebih baik.

"Manfaat kesehatan dari diet dengan mengkonsumsi  makanan nabati dan makanan yang belum diolah sudah dikenal. Pasien dengan kondisi memiliki penyakit asma disarankan agar lebih banyak memakan sayur dan buah dibandingkan makan makanan olahan," kata Dr. Ann Tilley, seorang pulmonolog di Lenox Hill Hospital di New York City.

Dilansir dari WebMD, sebuah penelitian Epidemiologi Gizi di Inserm-Inra, Paris, Prancis yang dipimpin oleh Roland Andrianasolo, bersama rekan-rekannya telah mensurvei hampir 35.000 orang dewasa Perancis tentang jumlah gejala asma yang mereka alami selama setahun terakhir. Sekitar seperempat dari peserta mengalami setidaknya satu gejala.

Para peserta juga ditanya tentang kebiasaan makan mereka. Diet tinggi buah-buahan, sayuran dan sereal gandum dinilai paling sehat, sementara yang tinggi dalam daging, garam dan gula dianggap paling tidak sehat.

Setelah disesuaikan untuk faktor-faktor lain yang terkait dengan asma seperti merokok dan olahraga, para peneliti menemukan bahwa pola makan yang sehat terkait dengan risiko 30 persen lebih rendah mengembangkan gejala asma untuk pria, dan risiko 20 persen lebih rendah untuk wanita.

Studi menemukan bahwa di antara peserta yang sudah menderita asma, makan sehat dikaitkan dengan risiko 60 persen lebih rendah untuk gejala yang kurang terkontrol pada pria, dan 27 persen lebih rendah pada wanita.

Bagaimana makanan bisa mempengaruhi asma? 

Menurut Andrianasolo, komponen makanan seperti buah, sayuran dan serat memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan merupakan unsur dalam diet sehat yang berpotensi menurunkan gejala.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA