Jumat, H / 29 Maret 2024

Tanda Orang Beribadah Karena Dunia

Jumat 26 Feb 2021 09:12 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: events.humanitix.com

ESQNews.id, JAKARTA – Ada beberapa Hadist tentang tanda seseorang beribadah karena dunia. Siapakah dia? Yakni orang yang ketika perihal dunia yang ia cari telah ia dapatkan, atau ketika dunia yang ia cari dari ibadahnya itu tidak kunjung muncul. Maka ia pun berhenti melakukan ibadah tersebut.


Di antara contoh do’a yang dibaca sebelum salam adalah yang terdapat dalam hadits Mu’adz bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwasiat padanya:


لاَ تَدَعَنَّ فِى دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ تَقُولُ اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ


“Janganlah engkau tinggalkan untuk berdo’a setiap dubur shalat (akhir shalat)  Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibadatik. [Ya Allah, tolonglah aku untuk berdzikir pada-Mu, bersyukur pada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu].” (HR. An Nasa’i no. 1286, Abu Daud no. 1301. Sanad hadits ini shohih)


Maksud hadist tersebut adalah pada akhir shalat sebelum salam.



<more>


Contoh lain dari do’a yang dibaca sebelum salam adalah do’a yang diajarkan oleh Sa’ad bin Abi Waqosh radhiyallahu ‘anhu.


اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ الْعُمُرِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْقَبْرِ


“Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari sifat kikir, aku berlindung pada-Mu  dari hati yang lemah, aku berlindung dari dikembalikan ke umur yang jelek, aku berlindung kepada-Mu dari musibah dunia dan aku berlindung pada-Mu dari siksa kubur.” [HR. An Nasa’i no. 5479. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih.]


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA