Sabtu, H / 26 September 2020

Sutopo Hidup Sehat dan Tidak Merokok, Tapi Kena Kanker Stadium 4

Jumat 12 Jul 2019 12:03 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

Sutopo ungkap bahaya perokok pasif dalam video ini

Foto: IG/suara_tanpa_rokok

ESQNews.id - Sutopo Purwo Nugroho atau yang akrab dipanggil Pak Sutopo adalah seorang Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNPB. Kisah hidupnya menginspirasi banyak orang dengan banyak yang dapat diambil hikmahnya. Salah satunya adalah ketika ia divonis mengidap Kanker Paru Stadium 4. Padahal Pak Sutopo dan keluarga hidup sehat dan tidak merokok. Lalu apa yang menyebabkan lelaki kelahiran Boyolali ini memiliki penyakit serius yaitu kanker? Simak penuturan Pak Sutopo yang sudah ESQNews.id tuliskan berikut:


"Awalnya kita di kantor BNPB dan sebagian besar karyawan yang ada di sana banyak yang merokok. Sebenarnya merasakan batu-batuk, ada nyeri-nyeri di tulang juga sudah cukup lama.

Saya ke rumah sakit, ke dokter paru disuruh rontgen kemudian disuruh CT scan, dokter mengatakan sampeyan sakit kanker paru stadium 4. ya saya tentu shock.

Pertama saya kasih tahu, ya nangis semuanya. karena semua tahu lah kanker itu tidak ada obatnya. Saya bukan perokok, keluarga saya tidak ada yang merokok. Saya hidup sehat, ya ada kemungkinan salah satu penyebabnya adalah saya perokok pasif.

Ya buat generasi muda, terutama anak-anak jangan merokok. Tidak ada orang akan menilai dia akan kelihatan gagah kalau merokok seperti iklan-iklan itu. Itu sangat menyesatkan.

Stoplah rokok. Ingat bukan anda, tapi untuk keluarga anda, istri anda, suami anda, anak-anak anda dan sebagainya."



In Memoriam
Sutopo Purwo Nugroho
7 Oktober 1969 - 7 Juli 2019


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA