Senin, H / 26 Oktober 2020

Sistem Baru Diharapkan Bantu Permudah Jamaah Haji 2018

Selasa 17 Jul 2018 10:49 WIB

Singgih Wiryono

Ka'bah

Foto: Istimewa

Kementerian Agama (Kemenag) harus memastikan sistem-sistem baru dalam penyelenggaraan ibadah haji berjalan baik. 


ESQNews.id, JAKARTA - Sistem terbaru yang akan diterapkan dalam penyelenggaraan haji diharapkan bisa mempermudah jamaah haji. Hal yang paling disorot untuk sistem yang baru adalah penggunaan gelang barcode dan sistem imigrasi.


Ketua DPR-RI, Bambang Soesatyo mengharapkan penyelenggaraan dan pelayanan tahun ini bisa jauh leih baik. Bamsoet -sapaan akrabnya- mengatakan, Kementerian Agama (Kemenag) harus memastikan sistem-sistem baru dalam penyelenggaraan ibadah haji berjalan baik. 


“Saya mendorong Kemenag untuk melakukan pengecekan sistem baru seperti gelang barcode jemaah haji agar dapat berfungsi dengan baik. Pastikan gelang barcode tersebut sudah memuat seluruh data dan informasi jemaah haji,’ ujar Bambang di Jakarta, Selasa (17/7).


Baca juga: Perjalanan Penuh Makna saat Berhaji


Bamsoet yang juga mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu juga meminta Kemenag beserta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meningkatkan pengawasan maupun pelayanan keimigrasian. Salah satunya terkait perekaman biometrik terhadap calon jemaah haji.


Bamsoet mengatakan, sistem baru harus memudahkan jemaah calon haji agar pelaksanaannya tidak menyulitkan terutama bagi calon jemaah yang telah berusia lanjut.


Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, hal yang tak kalah penting adalah pelayanan bagi jemaah selama di Arab Saudi. Tiga komponen penting dalam pelayanan jemaah adalah konsumsi, pemondokan dan transportasi.


“Terutama bagi jemaah calon haji saat di Arafah. Persoalan kesehatan harus jadi perhatian khusus agar para jemaah bisa melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman,” katanya. 


Selain itu, Bamsoet juga mengimbau para jemaah calon haji Indonesia dan para mutawif atau pembimbing tawaf agar selalu mematuhi ketentuan dari Kemenag ataupun Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). 

“Terutama  mengenai rangkaian ibadah haji, maupun jadwal yang sudah ditetapkan,” pungkasnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA