Jumat, H / 29 Maret 2024

Seminar Motivasi PTBBN BATAN bersama ACT Consulting

Jumat 30 Nov 2018 11:06 WIB

Reporter :Gina Al Ilmi

Suasana Seminar Motivasi PTBBN Badan Tenaga Atom Nasional di Bogor

Foto: dok. ESQ

ESQNews.id, BOGOR - Mendalami fisika nuklir dalam pekerjaan sehari-hari membuat para karyawan Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir Badan Tenaga Atom Nasional (PTBBN BATAN) memerlukan motivasi yang lebih. Karena para peneliti ini melaksanakan pekerjaan yang membutuhkan kecerdasan intelektual tingkat tinggi dan konsentrasi serta fokus yang ekstra dan harus selalu dijaga.


Menurut Prof Salovey, ahli psikologi dari Harvard, motivasi adalah salah satu dari lima komponen yang ada dalam  kecerdasan emosi. Sementara, Daniel Goleman yang juga lulusan Harvard, mengungkapkan dalam bukunya “Working with Emotional Intelligence” bahwa agar seseorang dapat menghasilkan karya yang baik, otaknya harus berada dalam kondisi “Flow” atau mengalir. Kondisi flow ini akan muncul bila secara emosional ia dalam keadaan baik.



Padahal, setiap orang yang cerdas intelektual belum tentu memiliki kemampuan untuk cerdas emosional. Karena itu menjaga motivasi agar selalu baik, adalah bagian dari keterampilan emosional yang harus dikuasai oleh setiap orang.  Namun, kecerdasan emosional saja tidak cukup. Seseorang yang telah memiliki kecerdasan emosional, belum tentu dapat bertindak sesuai dengan hukum, norma dan etika.


Untungnya ada segi spiritualitas yang akan selalu menjaga kita agar selalu dalam aturan hukum, norma dan etika. Spiritualitas yang selalu baik dan dijaga, akan membuat seseorang mampu mengawasi dirinya sendiri agar tidak melakukan apapun yang dapat merugikan orang lain. Karena itu, motivasi yang akan meningkatkan energi bekerja dan berkarya haruslah bersumber dari spiritualitas agar lebih murni dan bertahan dalam waktu yang lama. Untuk itulah kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) dibutuhkan.


Dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi yang bersumber dari kecerdasan emosional dan spiritual inilah, BATAN menyelenggarakan Seminar Motivasi dengan tema Meningkatkan Kebersamaan & Produktivitas Kerja untuk Karyawan dan Karyawati PTBBN BATAN dibawakan oleh Trainer Aris Muhtar dan Assisten Trainer Ilham. Seminar ini diikuti oleh 150 karyawan, dan dilaksanakan di Hotel Grand Cipayung Bogor.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA