Sabtu, H / 04 April 2020

Seluruh Kementerian Dihimbau Masukkan Program Pembangunan SDM pada Rancangan Kerja 2019

Kamis 06 Dec 2018 10:20 WIB

Reporter :AA

Sidang Paripurna

Foto: setkab.go.id

Presiden Joko Widodo menyebut langkah tersebut merupakan strategi pemerintahannya pada 2019 untuk melakukan perubahan besar-besaran.


ESQNews.id, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo meminta seluruh menterinya untuk memasukkan program pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rencana kerja tahun 2019 mendatang. 


Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi itu menyebut langkah tersebut merupakan strategi pemerintahannya pada 2019 untuk melakukan perubahan besar-besaran. Dilansir dari Anadolu Agency misalnya saja kata dia, rencana kerja mengenai balai latihan keterampilan dan balai latihan kerja di pondok pesantren yang sudah bisa dimulai.


"Karena kita tahu akan dibangun di kurang lebih di 1.000 pondok pesantren ini, Januari harus bisa dimulai," ujar Joko Widodo saat memimpin rapat kabinet sidang paripurna pada Rabu (5/12/2018) di Istana Negara, Jakarta. Kementerian lain yang berkaitan di antaranya Kementerian Pekerjaan Umum yang melakukan sertifikasi kepada para pekerja di lapangan. 


Presiden menyarankan memulai misalnya dari kementerian pertanian. "Saya minta beberapa ratus dari penyuluh pertanian lapangan (PPL) kita bisa ditrainingkan ke luar dan saya kira hubungan kementerian pertanian dengan Taiwan juga bagus di sana saya kira sisi pertanian juga baik," tambah dia. 


Dengan telah dimulainya rencana kerja itu maka di pertengahan tahun nanti dirinya bisa melakukan evaluasi secara cepat, "Mana yang efektif untuk meningkatkan skill upgrading skill meningkatkan produktivitas. Dan juga di Kementerian BUMN, saya kira ini bisa menyangkut jumlah yang sangat besar, bukan hanya di pegawai BUMN tapi kalau bisa juga mengikutkan masyarakat yang ada di lingkungan BUMN itu.


Saya kira kementerian-kementerian lain model-model yang sudah sering saya sampaikan itu bisa diadopsi dan dikerjakan.  Juga Kementerian Pariwisata misalnya, saya kira di daerah-daerah yang memiliki potensi pariwisata yang bagus, baik yang berkaitan dengan vocational training, yang berkaitan dengan sekolah vokasi, yang berkaitan dengan training-training dengan kelas-kelas terbuka saya kira bisa kita adakan dan kita lakukan. Saya kira kerja sama yang dilakukan oleh industri dengan SMK yang telah dilakukan di Kementerian Perindustrian dan Kemendikbud sesuatu juga yang harus ditingkatkan besar-besaran. Dengan catatan, memang ada super deduction tax untuk melakukan training-training itu.


Saya kira kementerian yang lain banyak sekali, mungkin di Kementerian Dikti, di Kementerian ESDM, semuanya, Kementerian Perhubungan, yang berkaitan dengan training-training dalam rangka pengembangan sumber daya manusia utamanya di kementerian itu sendiri dan juga melibatkan masyarakat, ini yang harus di awal-awal tahun mulai dikerjakan.


Saya rasa itu mungkin sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini," kata dia.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA