Rabu, H / 03 Juni 2020

Sejumlah Tokoh dan Ahli Jiwa Meyakini Reynhard Sinaga Seorang Psikopat

Rabu 08 Jan 2020 17:15 WIB

Author : Ida S. Widayanti

Reynhard Sinaga Seorang Psikopat

Foto: Facebook

ESQNews.id, JAKARTA - Reynhard Sinaga namanya mencuat setelah pengadilan Inggris menajatuhkan hukuman penjara selama 30 tahun. Kasus Reynhard yang diklaim sebagai pemerkosaan terbesar di Inggris karena korbannya yang mencapai 195 orang, membuat para penyidik dan ahli jiwa mengkategorikan Reynhard sebagai psikopat.


Penyidik Inggris meyakini Reynhard Sinaga sebagai seorang psikopat. Menurut penyidik Reynhard meyakini tindakannya melakukan kekerasan seksual dan membius 48 pria dalam kurun waktu 2,5 tahun bukanlah tindakan yang salah.


"Saya meyakini dia seorang psikopat sampai-sampai dia meyakinkan dirinya sendiri bahwa apa yang dilakukannya tidak salah," sebut seorang penyidik senior dalam kasus ini, Inspektur Detektif Zed Ali, seperti dilansir Manchester Evening News, Selasa (7/1/2020).


Sejumlah psikolog dan psikiater Indonesia juga ikut buka suara dan menilai Reynhard Sinaga adalah psikopat. Sejumlah analisa didasarkan pada sikap Reynhard yang tampak tidak merasa bersalah dan menyesal.

<more>

Dalam putusannya Hakim Suzzane Goddard pada Senin (6/1/2020) menyebutkan Reynhard “sama sekali tidak menunjukkan penyesalan” dan “tidak mempedulikan kondisi korban” ketika melakukan aksinya.


Hal ini juga senada dengan yang disampaikan pejabat konsuler KBRI Gulfan Alfero bahwa Reynhard Sinaga sama sekali tidak merasa bersalah atas kasusnya. Beberapa kali berjumpa penampilannya selalu sama terlihat tenang.


"Saya tiga kali bertemu [di penjara], Reynhard tak terlihat dalam kondisi stres. Dia happy, sehat, tenang, dia tahu kasus yang dihadapi. Dia tidak menyampaikan penyesalan karena dia menyatakan tidak bersalah dan tidak merasa terbebani atas kasusnya. Dia terlihat biasa-biasa saja," kata Gulfan.


Sejumlah sumber menjelaskan bahwa psikopat adalah bagian dari penyimpangan kepribadian disosial (antisosial). Dia tidak peduli dengan hukum. Tidak memiliki empati dan tidak memedulikan perasaan orang lain. Pandai berbohong dan memanipulasi.


“Semata-mata agar tujuan dia bisa tercapai,” papar dr. Dharmawan Ardi Purnama, Sp.KJ selaku Dokter Spesialis Kejiwaan.




Dokter psikiater RS Melinda Bandung, Elvine Gunawan, seseorang yang memiliki kencenderungan sexual psychopath menunjukan empat ciri.


"Beberapa cirinya biasanya adalah ada empat, sering mencari perilaku berisiko, memiliki riwayat melakukan sesuatu tanpa dipikir atau impulsif serta menunjukkan perilaku amoral," kata Elvine sebagaimana dikutip dari liputan6.com.


Namun demikian untuk memastikannya, para ahli biasanya melakukan serangkaian tes. Sampai akhirnya dapat disimpulkan bahwa seseorang tergolong psikopat.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA