Minggu, H / 09 Agustus 2020

Rancangan Muqornas di Masjid Ar Rohim Menara 165

Selasa 14 Jan 2020 10:03 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ary Ginanjar Agustian bersama para Trainer ESQ Group

Foto: Instagram @ary.ginanjar

ESQNews.id, JAKARTA – Nilai keindahan, keunikan, kelestarian dari sebuah arsitektur bangunan bisa jadi penentu nyaman atau tidaknya seseorang yang sedang menempatinya. Maka dari itu, arsitektur bangunan khususnya tempat beribadah memiliki karakteristik tersendiri.


Misalnya tempat ibadah orang Islam yaitu Masjid. Masjid atau bangunan arsitektur Islam lainnya memiliki karakteristik. Salah satu karakteristiknya adalah Muqornas.


Unsur arsitektur muqornas merupakan ornamen yang dibuat pada kubah atau pada tempat lainnya. Muqornas biasanya terbuat dari bahan yang berbeda-beda seperti batu, bata, kayu atau semen.


Bentuk paling awal muqornas dapat ditemukan pada bangunan Makam Imam Dur di dekat SamarraIrak. Sedangkan contoh lainnya ialah Istana Alhambra di AndalusiaSpanyol, Istana Abbasiyah di BaghdadIrak, dan Makam Sultan Qaitbay di KairoMesir.


<more>


Sama halnya dengan muqornas terdahulu. Founder ESQ, Ary Ginanjar Agustian beserta para Trainer ESQ sedang mengusung satu dari 99 maket plafond Masjid Ar Rohim Menara 165.


Insya Allah akan dibuat dengan susunan arsitektur Muqornas yang terdiri dari 99 Asmaul Husna.




Akan tersusun seperti 99 sarang lebah yang rumit sebagai plafond. Apabila selesai hasilnya akan indah sekali.


"Mohon doa ya supaya bisa tuntas penyelesaiannya. Semoga Allah berkahi dan rahmati. Aamiiiin," tutur Ary Ginanjar.





Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA