Minggu, H / 09 Agustus 2020

Pola Minum Air yang Sehat

Jumat 11 May 2018 17:20 WIB

Santi Rahmawati

ilustrasi minum air

Foto: istimewa

JAKARTA - Air menjadi kebutuhan utama bagi tubuh, karena tubuh kita sebagian besar tersusun oleh air. Rata-rata tiap orang memiliki 60 persen air dari berat tubuhnya. Tubuh memerlukan air untuk menggantikan cairan tubuh yang berkurang saat kita beraktifitas.  Sebagian hilang saat kita beraktivitas yaitu dalam bentuk keringat, air seni, atau air mata.

 Kebiasaan orang saat makan berbeda-beda. Ada yang memilih minum di sela-sela makan dan ada yang minum setelah makan selesai. Namun bagi Anda yang suka minum air putih saat makan sebaiknya belajar mengganti polanya. Konsultan Microbiotik Shonali Sabherwal memperingatkan, minum saat makan menghambat kekuatan pencernaan perut serta menyebabkan kandungan insulin berfluktuasi.

 Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallamsebagai suri tauladan kita, selalu memberikan tuntunan yang baik dan sangat bermanfaat bagi kehidupan umat Islam. Pola makan dan hidup Rasulullah yang sehat dan teratur membuat beliau memiliki tubuh yang tak hanya tangguh, namun juga kuat.

 Ternyata hal tersebut tak hanya di-support dari konsumsi makanan beliau yang sehat, namun juga dari tata cara makan dan minum yang selalu terjaga.

 Makan dan minum yang masuk kedalam tubuh kita haruslah yang baik dan halal. Makanan yang baik dapat mempengaruhi pikiran dan aktivitas kita setiap hari nya. Begitu pula sebaliknya, makanan yang haram akan berdampak negatif pada tubuh dan pikiran kita.

 Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga memberikan kebebasan untuk kita menikmati makanan dan minuman yang ada di dunia ini selama tidak ada larangan untuk dimakan.

Allah Subhanallah Wa Ta’ala berfirman :

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”. (Q.S Al-Maidah Ayat 87)

 Adapun menurut penelitian, banyak minum pada saat makan sangatlah tidak dianjurkan. Akan ada banyak akibat yang ditimbulkan yaitu dapat merusak komposisi darah, meningkatkan jumlah volume darah, meningkatkan kinerja ginjal dari yang seharusnya, tubuh mengalami hiponatraemia, pembengkakan sel, serta yang paling fatal adalah hiper-hydrasi yang dapat menyebabkan gangguan potensial dalam fungsi otak yang terjadi ketika keseimbangan elektrolit.

Beberapa waktu yang perlu diperhatikan saat minum air putih yaitu 1-2 gelas air setelah bangun tidur, 1 gelas air sebelum makan, jangan minum air putih saat makan atau sesaat setelah makan, perbanyak minum air putih sebelum tengah hari, bila ingin tidur larut perbanyak minum air putih pada siang hari.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA