Minggu, H / 09 Agustus 2020

Piala Sudirman, Bukan dari Nama Jenderal Sudirman

Senin 27 May 2019 09:14 WIB

Reporter :Redaksi

Piala Sudirman

Foto: BWFBadminton

ESQNews.id, JAKARTA - Setelah dipastikan menjadi peminang Piala Sudirman tahun ini, China juga berhasil menambah rentetan gelar terbanyak di kompetisi tersebut. Namun tahu kah Anda siapa di balik nama Sudirman dalam tropi bergengsi Federasi Badminton Internasional ini?


Banyak yang mengira-ngira piala Sudirman diambil dari nama Jenderal Besar Sudirman. Jika Anda berpikiran sama, berarti Anda juga termasuk salah satu yang salah. Berikut adalah fakta di balik Sudirman Cup.


1. Sudirman dari Dick Sudirman


Nama Sudirman diambil dari nama pendiri Persatuan Badminton Seluruh Indonesia (PBSI) yang juga legenda atlet badminton Indonesia, Dick Sudirman. Dick Sudirman juga dikenal sebagai Bapak Bulutangkis Indonesia.


2. Kejuaraan tanpa hadiah uang


Kejuaraan Piala Sudirman yang diinisiasi Indonesia dari tahun 1988 ini tidak memperebutkan hadian uang melainkan poin. Itulah sebabnya gengsi dari kompetisi ini begitu tinggi karena menaikan poin peringkat negara yang berhasil menang di mata BWF (Badminton World Federation).


3. Indonesia hanya sekali juara


Meskipun sudah terselenggara sebanyak 13 kali, Indonesia yang menjadi inisiator piala Sudirman hanya sekali merasakan gelar juara. Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan di final kejuaraan Sudirman Cup di awal lahirnya kompetisi ini.


4. China dan Korea Selatan Langganan Juara


Fakta menarik lainnya adalah Korea Selatan dan China adalah negara yang menjadi langganan pemenang kompetisi badminton beregu ini. Korea Selatan empat kali, sedangkan China 11 kali.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA