Kamis, H / 25 Februari 2021

Pertolongan Pertama pada Emosi Anda

Kamis 23 May 2019 16:01 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA - Sejak kecil kita diajarkan tentang pertolongan pertama pada kecelakaan fisik. Namun hampir tidak pernah diajari bagaimana melakukan pertolongan pertama pada luka emosi kita, demikian disampaikan Guy Winch, PhD dalam Ted Talks yang direlease pada 2015.


“Kita semua tahu cara menjaga kesehatan fisik, dan kesehatan mulut, bukan? Kita sudah tahu sejak berusia lima tahun. Namun apa yang kita ketahui tentang memelihara kesehatan psikologis? Tidak ada sama sekali,” ujarnya. 


Padahal menurut Winch kita mengalami luka psikologis jauh lebih sering daripada luka fisik. Gagal, penolakan, dan kesepian, adalah luka mental yang sering kita rasakan. Sebagai mana luka fisik, luka psikis juga semakin parah bila kita mengabaikannya dan bisa berdampak terhadap hidup secara drastis.


Ketika tak sengaja melukai fisik, kita tidak pernah membuatnya lebih parah dengan membawa pisau untuk membuat luka itu lebih dalam. Namun kita selalu melakukannya terhadap luka psikologis. 


Menurut Winch salah satu yang sering kita lakukan adalah ruminasi, yaitu mengunyah ulang. Ketika ada kejadian buruk atau tidak menyenangkan, maka kita terus-menerus mengulang kejadian itu di benak hingga berminggu-minggu. 


Ini bisa  menjadi kebiasaan yang sangat merugikan. Berapa banyak waktu yang kita fokuskan pada pikiran buruk yang negatif, padahal berisiko besar terhadap kesehatan fisik. 


Lalu bagaimana mengatasi luka psikologis? Saat harga diri sedang rendah, kita akan lebih rentan terhadap stres dan kegelisahan, kegagalan dan penolakan lebih sakit dan lebih lama sembuh. Jadi saran Winch, hal pertama yang seharusnya kita lakukan adalah membangkitkan harga diri, bukan membuatnya makin terpuruk. Perlakukan diri kita dengan rasa kasih yang sama seperti dari seorang teman baik. 


Winch menganjurkan agar kita mengambil tindakan saat merasa kesepian. Ubah respons terhadap kegagalan, dengan melindungi harga diri. Melawan pemikiran negatif,  bukan saja menyembuhkan luka psikologis, akan tetapi dapat membangun ketahanan emosional. 


“Saya percaya kualitas hidup kita dapat meningkat secara dramatis, jika kita semua mulai menerapkan higiene emosional,” ujarnya.


Winch yakin dunia akan lebih baik, apabila semua orang lebih sehat secara psikologis. Rasa kesepian dan depresi akan berkurang apabila orang tahu cara mengatasi kegagalan. Bila orang-orang merasa lebih baik dan lebih berdaya tentang dirinya, mereka lebih bahagia.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA