Sabtu, H / 26 September 2020

Pertolongan Pertama (P3K) Kondisi Darurat Saat Mudik

Selasa 28 May 2019 14:22 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA - Selain mempersiapkan fasilitas kesehatan dan tim tenaga medis, dr. Rio juga telah bekerja sama dengan pengelola wisata terkait layanan Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat (PPGD) di obyek wisata. PPGD merupakan serangkaian usaha-usaha pertama yang dapat dilakukan pada kondisi gawat darurat dalam rangka menyelamatkan pasien dari kematian.

 

Baca juga: Beberapa Titik Fasilitas Kesehatan di Banyuwangi Menjelang Idul Fitri


Berikut adalah tips menurut cprconsultants.com yang perlu diingat saat Anda menghadapi salah satu hal berikut:

- Karena luka bakar ringan: Saat terkena luka bakar berukuran kecil kira-kira sekitar tiga inci ukuran lukanya, mulailah dengan membasuhkan air dingin ke arah luka tersebut setidaknya dalam 10 menit.

- Karena kulit yang sobek: Tekan dengan lembut bagian yang terluka untuk menghentikan pendarahan. Jika perdarahan tidak melambat setelah tekanan 20 hingga 30 menit, cari pertolongan medis tambahan.

- Karena kulit lecet akibat gesekan: Bersihkan bagian yang tergesek dengan air, tetapi hindari sabun dalam luka terbuka. Oleskan antibiotik (seperti Neosporin) dan tutup dengan perban.

- Karena kelelahan atau rasa panas: Segera keluar dari tempat Anda berada lalu berbaring dengan kaki diangkat. Isi kembali cairan dan meletakkan kain dingin di dahi atau belakang leher. Cari pertolongan medis segera jika pingsan, kebingungan, atau demam tinggi terjadi.

- Karena terkena sengatan serangga: Segera kompres dengan air dingin atau kain untuk mengurangi pembengkakan. Memakai salep atau krim hidrokortison atau lidokain dapat membantu meminimalkan rasa sakit dan gatal.

- Karena terkilir: Meskipun keseleo akan terasa sakit, biasanya hal seperti ini mudah diobati tanpa intervensi medis. Langkah pertama adalah untuk menghindari menambah berat badan entah itu memakai tas dan lainnya yang memberatkan badan. Gunakan es dan kompresi secara berkala sepanjang hari untuk mengurangi pembengkakkan.

- Karena kecelakaan kecil: Harus siap sedia box pertolongan pertama (P3K)! Anda bersiap-siap untuk menolongnya dan memberikan perawatan pertama pada box P3K Anda seperti kapas, alkohol, betadine dan lainnya.

Jangan lupa segera mencari pertolongan tambahan melalui puskesmas, posko atau rumah sakit terdekat untuk diperiksa dan diobati lebih lanjut.


Baca juga: Puskesmas Banyuwangi Tetap Siaga Saat Libur Lebaran


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA