Jumat, H / 19 April 2024

Pertemuan Kuala Lumpur Summit 2019 Tekankan Solusi Krisis Dunia Muslim

Kamis 19 Dec 2019 17:16 WIB

Reporter :AA

Kuala Lumpur Summit 2019.

Foto: nst.com.my



Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan dunia Muslim sedang melalui "masa krisis" dan lewat pertemuan puncak ini dia mengharapkan solusi untuk mengakhirinya.


ESQNews.id, KUALA LUMPUR - Para pemimpin dan pejabat dari negara-negara Muslim berkumpul di ibu kota Malaysia pada Kamis (19/12/19) untuk membahas krisis yang dihadapi oleh dunia Muslim dan mencari solusinya. 


Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan dunia Muslim sedang melalui "masa krisis" dan lewat pertemuan puncak ini dia mengharapkan solusi untuk mengakhirinya. "Memahami masalah dan penyebabnya dapat membantu kita dalam mengatasi malapetaka yang lebih besar," kata dia selama upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) atau Kuala Lumpur Summit. 

<more>

Mahathir mengatakan bahwa tujuan dari KTT kali ini adalah "bukan untuk membahas agama, tetapi keadaan di dunia Muslim". "Kita semua tahu bahwa umat Islam dan negara mereka berada dalam keadaan krisis. Di mana-mana kita menyaksikan negara-negara Muslim dihancurkan dan warga negara mereka dipaksa melarikan diri untuk mencari perlindungan di negara-negara non-Muslim," kata dia lagi dilansir dari Anadolu Agency.


"Kami akan mengupayakan dari hal-hal kecil. Jika ide, proposal, dan solusi ini dapat diterima dan terbukti bisa diterapkan, maka kami berharap dapat membawanya ke platform yang lebih besar untuk dipertimbangkan," tambah PM Malaysia. 


Selama pembukaan, Emir Qatar Tamim bin Hamad Al Thani, Presiden Iran Hassan Rouhani, serta tuan rumah Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, menyampaikan pidato mereka. Ratusan pejabat pemerintah, pengusaha, representatif masyarakat sipil, dan pakar dari berbagai sektor di dunia Muslim berpartisipasi dalam KTT tersebut.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA