Selasa, H / 13 April 2021

Pentingnya Melakukan Sebuah Perjalanan, Mengapa? (3)

Senin 28 Sep 2020 08:05 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: en.wikipedia.org

ESQNews.id, JAKARTA - Dua kisah di atas memberi gambaran betapa pentingnya melakukan perjalanan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan pendewasaan diri. Dengan melakukan perjalanan, seseorang tidak saja melihat bagaimana Allah menciptakan alam semesta dengan keanekaragamannya: gunung, pantai, gurun pasir, negeri empat musim, atau bahkan tempat yang selamanya diliputi salju. 


Perjalanan juga membuat kita mengenal beragam karakter dan budaya masyarakat, yang memungkinkan kita mempelajarinya dan mendapatkan manfaatnya. 

  

Salah satu di antaranya yaitu Muhammad Asad (Leopold Weiss), sebagaimana yang diceritakan dalam bukunya Road to Mecca—menemukan keyakinan pada Islam berkat perjalanannya.



<more>


Dengan melakukan perjalanan, seseorang juga dapat melihat bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan Sang Pencipta. Tak sedikit negeri yang menjadi mati karena penduduknya banyak melakukan maksiat dan mengingkariNya, seperti kaum Tsamud, ‘Ad, bangsa Pompei, dan lain-lain.


“Katakanlah: ‘Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah kesudahan orang-orang yang dahulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (Ar-Ruum [30]: 42).


Semoga kita dapat melakukan perjalanan dan mengambil hikmahnya.


(Dikutip dari Buku Mendidik Karakter dengan Karakter Karya Ida S Widayanti)


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA