Jumat, H / 29 Maret 2024

Pentingkah Menuliskan Impian tahun 2020?

Senin 30 Dec 2019 14:38 WIB

Author :Ida S. Widayanti

writing goals.

Foto: publishingtalks


Apakah Anda sudah menuliskan impian di tahun 2020? Emang Harus banget ya?

ESQNews.id - Ya, jika ingin sukses. Penelitian dari Harvard University kepada para mahasiswanya. Ternyata 83 persen mahasiswa tidak punya impian, sementara 14 persen punya impian spesifik, tapi mereka tidak pernah menuliskannya. Sisanya, 3 persen punya tujuan jelas dan menuliskannya. Ternyata income mereka 10x lipat dibanding 14 persen yang punya impian spesifik tapi tidak menuliskannya..

Begitu pula menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Gail Matthews di Dominican University, mereka yang menuliskan tujuan mereka dicapai secara signifikan lebih banyak daripada mereka yang tidak menuliskan tujuan mereka.

Money Coach, Ashley Feinstein Gerstley dalam situs forbes.com menuliskan empat langkah untuk menciptakan tujuan yang jelas dan terukur, yang akan membawa Anda meraih kesuksesan besar.

1.    Buat Sebuah Visi
Langkah pertama untuk menciptakan sebuah tujuan adalah mencari tahu apa yang Anda inginkan. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda inginkan, maka Anda tidak tahu apa yang perlu Anda capai untuk sampai ke sana.

Ini sebenarnya bagian yang menyenangkan. Anda bisa bermimpi. Apa yang sebenarnya ingin Anda ciptakan untuk diri Anda sendiri? Seperti apa kehidupan ideal Anda? Jangan takut untuk berpikir besar. Ambil lima belas menit dan dokumentasikan impian Anda. Catat rinciannya.

<more>
2.    Buatlah Terukur
Ambillah visi Anda dan ubah menjadi daftar tertulis tentang tujuan konkret. Jika selama ini dalam dunia ideal Anda bekerja untuk diri sendiri, maka salah satu tujuan Anda mungkin adalah untuk memulai perusahaan Anda sendiri.

Pilih kerangka waktu yang dapat dicapai untuk mencapai tujuan Anda, serta rincian terukur sehingga Anda tahu persis kapan Anda mencapainya. Misalnya, apa sebenarnya makna dari memulai perusahaan sendiri?

Pastikan pula bahwa Anda mampu mengatur diri Anda untuk sukses dengan menciptakan tujuan yang realistis dan dapat dicapai dalam kerangka waktu yang telah diberikan.
<more>
3.    Tetapkan Tolak Ukur
Sebagian besar tujuan kita adalah penumpukan dari prestasi-prestasi kecil, bahkan terkadang bertahun-tahun banyak kesuksesan kecil. Buat tujuan Anda menjadi langkah-langkah kecil yang dapat ditindaklanjuti dan tetapkan kerangka waktu yang realistis untuk masing-masing.

Kemudian bagi langkah besar Anda menjadi langkah yang lebih kecil dan lebih kecil sampai tujuan Anda dapat dicapai. Tolak ukur merupakan cara terbaik untuk membuat Anda tetap pada jalurnya.

Anda mungkin menemukan hal-hal seperti: Anda bergerak lebih cepat atau lambat dari yang Anda harapkan. Itu bukan masalah, Anda bisa menyesuaikannya! Sesuaikan harapan dan garis waktu Anda saat mengumpulkan lebih banyak informasi sambil mencapai tolak ukur Anda.

4.    Rayakan Kesuksesan Anda
Bagian terpenting dari penetapan tujuan adalah merayakan kesuksesan Anda. Bagaimana Anda menghargai diri Anda sendiri yang telah mencapai tolak ukur Anda? Bagaimana Anda akan merayakannya setelah mencapai tujuan Anda?.

Seiring perjalanan menuju realisasi tujuan kita, maka penting sekali untuk mengingat visi kita. Mengapa kita menginginkan sesuatu yang dapat memberi kita motivasi dan tekad untuk terus bekerja ke arahnya bahkan ketika hal-hal tidak berjalan sesuai rencana atau lebih sulit daripada yang kita perkirakan?

Mulai sekarang, pilihlah orang yang paling sukses (atau role model) dan tuliskan tujuan Anda. Buat visi untuk apa yang Anda inginkan, ubahlah itu menjadi daftar tujuan yang terukur, atur tolak ukur dan rayakan kesuksesan Anda sepanjang perjalanan. Selamat menuliskan impian dan rencana 2020, pastikan Anda dapat meraihnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA