Jumat, H / 19 April 2024

Pastikan Alat Cek Suhu Badan di Kantor Anda Berfungsi dengan Baik

Rabu 18 Mar 2020 09:06 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

ilustrasi

Foto: dok.ESQ


ESQNews.id – Seorang dokter membagikan pengalamannya saat memasuki sebuah kantor yang mengecek suhu badan setiap orang yang memasukinya.


Menurut dr. Shela Putri Sundawa, Suhu di bawah 35 derajat celcius itu lethal atau mematikan untuk manusia. Artinya jika ada orang sehat-sehat aja , ga nampak kedinginan atau sakit suhunya yang diukur 35 atau kurang itu kemungkinannya:

1.       Alatnya rusak

2.       Cara pengukuran kurang tepat

3.       Yang diperiksa bukan manusia


Suhu normal manusia 36,5 -37,5 derajat celcius. Kurang dari itu, hipotermi atau terlalu dingin, lebih dari itu demam. Bila sehat-sehat saja, tak ada keluhan tapi suhu tak normal, cek 3 kemungkinan yang tadi disebutkan.

<more>

Manusia termasuk homoioterm (berdarah panas) artinya suhu tubuh tidak dipengaruhi oleh ruangan. Jika lingkungan dingin, tubuh akan tetap berusaha mempertahankan suhu normal sesuai settingan di pusat saraf (otak), salah satu mekanismenya dengan menggigil.

 

“Jadi kalau ada orang dewasa dicek suhu di bawah 35, orangnya bisa jalan-jalan dan sehat walafiat kesalahan mungkin pada cara pengukuran atau termometernya. Cara pengukuran yang baik di tempel di ketiak, mulut atau di dubur,” katanya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA