Jumat, H / 19 April 2024

Para Pemburu Paus dan Indonesia Emas 2045

Senin 18 Feb 2019 10:06 WIB

Reporter :Redaksi

ESQ MAgz edisi Februari-April 2019

Foto: ESQ Media/Lulu Helmi

Pengantar Tim Redaksi


Pemburu Paus merupakan kelompok yang seringkali dianggap aneh. Aneh dari segi apa? Karena mereka tetap bertahan di perairan dingin, menunggu ikan-ikan paus bermigrasi dari perairan dingin ke perairan hangat.


Seringkali timbul pertanyaan, kenapa para pemburu paus ini tidak pindah ke wilayah yang lebih hangat dengan jumlah makanan yang berlimpah. Meninggalkan kebiasaan lama berburu ikan paus, dan memulai kehidupan baru dengan bercocok tanam di ladang yang penuh sinar matahari.


Tapi kelompok-kelompok tersebut bertahan dengan segala cibiran orang-orang dari luar kelompok mereka. Bagi mereka, berburu Paus dan tinggal di daerah kutub adalah suatu hal yang menyenangkan. Terlebih membangun tim dengan kerja yang begitu kompleks, agar mampu mengundang mamalia terbesar di dunia itu terseret ke daratan.


Cerita tersebut memberikan gambaran rumus Tanggung Jawab 100 persen yang digambarkan oleh Pendiri ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar Agustian. Q1 + Q2 = T dengan Q1 = Qada' Kejadian dan hukum alam yang tak bisa diubah. Sebagai contoh" hari ini hujan”. Sedangkan Q2 = Qadar Kadar respons yang kita bisa ubah. Seperti kita memilih untuk menggunakan payung ketika hari hujan.


Sedangkan T = Takdir dari hasil kita memilih respons atas kejadian yang tak bisa kita ubah. "Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat buruk, maka (keburukan) itu bagi dirimu sendiri". QS. Al Isra ayat 7


Inilah rumus yang digadang-gadang oleh Ary Ginanjar Agustian. Ketika sebuah kejadian semisal bencana alam terjadi, kemudian kita mengambil respon dengan sikap yang tepat, maka hasilnya akan memperbaiki dampak bencana alam tersebut.


Berbeda dengan sikap yang seringkali kita lakukan, semisal mengumpat apa yang sedang terjadi (Q1) dan menjadikannya kambing hitam dalam setiap kegagalan kita. Seandainya gunung tidak meletus, mungkin saya bisa sukses, seandainya presidennya ini, mungkin saya tidak semiskin sekarang. Padahal, pemburu Paus jauh lebih berhak berkata demikian jika mereka ingin mengeluh.


Bisa jadi mereka para pemburu Paus mengatakan, dirinya tidak bisa hidup karena cuaca yang ekstrim. Atau tidak bisa memberikan makan anak-anak mereka karena buruan mereka begitu besar dan hanya datang beberapa kali dalam setahun. Tapi hal tersebut tidak dilakukan oleh para pemburu paus.


Mereka lebih memilih untuk mengatur strategi, membagi tugas dari tim mereka dan menangkap buruan yang besarnya ribuan kali lebih besar dari mereka. Itulah sebabnya kunci kesuksesan ada di respons atau tanggapan kita terhadap apa yang terjadi di sekeliling kita.


Ibarat pemburu Paus. The Amazing You adalah sebuah respon dari ESQ Leadership Center untuk menyatukan kembali semangat dan cita-cita Indonesia Emas kepada seluruh lapisan masyarakat. Tidak terpengaruh terhadap kata-kata pesimisme apakah Indonesia akan bubar tahun 2030, atau event yang ramai terjadi belakangan ini berupa pergantian pemimpin negeri yang riuh dan memecah persatuan di tahun 2019 ini. Tak ambil pusing kata di luar sana bahwa Indonesia akan mundur, ataukah Indonesia akan maju kedepannya.


ESQ Leadership Center tetap percaya dengan caranya sendiri, memupuk kembali persatuan bangsa dan memberikan rasa optimisme kepada Bangsa Indonesia bahwa Cita-cita Indonesia Emas 2045 pasti akan terwujud. Cita-cita besar Indonesia Emas 2045 tersebut bak Paus yang harus ditangkap bersama oleh putra-putra terbaik bangsa. Adalah sebuah hal yang mustahil jika seekor paus bisa diseret ke daratan seorang diri. Tapi dengan kebersamaan dan kerjasama, Paus yang beratnya ratusan ton pasti bisa ditaklukan. Karena tanggungjawab Takdir Indonesia bisa maju dan sejajar dengan bangsa lain adalah tanggungjawab 100 persen anak bangsa Indonesia sendiri.


The Amazing You, sebagai ajang berkumpulnya 11 ribu anak bangsa di ICE BSD, menyuarakan gelora Indonesia Emas 2045 dan membangkitkan semangat jiwa, berteriak lantang "Unstoppable" untuk kebangkitan peradaban Emas Jilid II di Nusantara. Untuk itulah, gelaran akbar ESQ tersebut akan kembali disemarakkan di tahun 2020, dan mendeklarasikan Indonesia Berkarakter 2020, menjadi pengingat kembali ada Paus besar yang akan melewati Indonesia di tahun 2045, dan persiapan untuk menangkapnya harus dimulai dari sekarang.


Potret kemeriahan The Amazing You bisa Anda dapatkan di Edisi Khusus ESQ Magz The Amazing You.


Info Pemesanan dan Berlangganan di:

WA/Phone : 082228883165

E-Mail : [email protected]



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA