Jumat, H / 29 Maret 2024

Orang Tua Sahabat Anak (1)

Sabtu 15 Feb 2020 07:17 WIB

Reporter :Redaksi

Ilustrasi

Foto: healthharvard.edu

ESQNews.id, JAKARTA - Ayah dan ibu sebaiknya tidak hanya memposisikan diri sebagai orang tua. Namun juga memposisikan diri sebagai sahabat yang baik bagi putra-putrinya. Bagaimana langkah-langkah praktisnya? Berikut simak pembahasan berikut:


  1. Libatkan Diri dalam Kegiatan Anak

    Menjadi sahabat artinya orang tua harus selalu berupaya memahami apa yang disukai dan tidak disukai anak-anak. Caranya adalah dengan menemani anak bermain dan belajar secara telaten dan sabar.

    Sehingga Anda memahami kebiasaan serta karakter anak, kekurangan dan kelebihannya. Situasi hatinya, serta apa yang disukai dan tidak disukai olehnya. Dengan demikian Anda akan mengetahui cara memasuki hatinya.



    <more>


  2. Berikan Penghargaan dan Hukuman

    Ketika anak berbuat salah, hendaknya para orang tua bisa menegur dengan bijak. Jika perlu, berikan hukuman yang bersifat mendidik. Namun jangan mengekspresikan kemarahan berlebihan yang akan membuatnya tertekan dan merasa direndahkan.

    Apalagi dengan bentakan, hardikan, pukulan tanpa aturan, tendangan serta tindakan lainnya. Hal-hal itu akan menyakiti hati mereka, membuat merasa tidak diterima, merasa terbuang, tersisihkan dan bisa menimbulkan rasa dendam.

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA