Senin, H / 06 April 2020

Obat Chloroquine, Bahan Alami Pencegah Covid-19, Hingga Ungkapan Presiden Komisi Eropa

Senin 23 Mar 2020 15:52 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: fsb.org.uk

ESQNews.id, JAKARTA - Wabah Corona di Indonesia semakin hari semakin merajalela. Kurang lebih sudah ratusan orang yang terkena virus menular ini. Sampai-sampai berita yang terpopuler pun mengangkat tentang Covid-19 ini.


Termasuk 3 artikel di ESQNews.id, yang minat bacanya terbanyak menuju akhir Maret 2020 tentang virus corona. Yaitu terkait obat chloroquine, bahan pencegah Covid-19, hingga ungkapan Presiden Komisi Eropa.


Obat Chloroquine


Meskipun banyak orang yang meninggal akibat terinfeksi virus corona. Banyak juga yang sembuh dari virus menular itu. Berbagai usaha dan upaya dilakukan, dan takdir Tuhan keputusannya.


Namun, pekan lalu marak di media sosial salah satu kontroversi. Bahwa ada obat yang bisa menyembuhkan virus corona. Obat itu sudah ada sejak lama sekitar 70 tahun yang lalu, yaitu klorokuin fosfat.


Klorokuin fosfat umumnya adalah obat yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati malaria. Digunakan pula untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh parasit tipe ameba dan beberapa penyakit autoimun lainnya, seperti lupus.


Selengkapnya di sini: Chloroquine adalah Obat Virus Corona, Betul atau Tidak? 


Bahan Pencegah Covid-19


Berbagai upaya dilakukan oleh para peneliti untuk mencegah dan menemukan obat antivirus (Covid-19). Penelitian terkait pencarian antivirus ini juga dilakukan oleh tim peneliti UI dan IPB


Gabungan peneliti multidisiplin ini telah mengembangkan penelitian untuk menemukan kandidat antivirus corona dengan melakukan analisis big data dan machine learning dari basis data HerbalDB.


Selengkapnya di sini: Kolaborasi Peneliti Temukan Bahan Alam Indonesia Cegah Covid-19 


Ungkapan Presiden Komisi Eropa


Presiden Komisi Eropa atau President of the European Commission Ursula von der Leyen mengatakan, bahwa Eropa meremehkan virus korona.  Ursula von der Leyen mengatakan kepada surat kabar Bild di Jerman, langkah-langkah melawan virus, yang merebak sejak beberapa minggu yang lalu, harus segera diambil.


“Saya pikir kita semua, yang bukan ahli, awalnya meremehkan virus korona. Tetapi sementara itu juga menjadi jelas bahwa ini adalah virus yang akan membuat kita sibuk untuk waktu yang lama,” kata dia, seraya menambahkan bahwa penting untuk menghormati deklarasi jam malam oleh beberapa anggota UE dilansir dari Anadolu Agency.


Selengkapnya di sini: Presiden Komisi Eropa: Awalnya Kita Meremehkan Virus Corona


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA