Jumat, H / 29 Maret 2024

Nikmatnya Bermunajat di Tengah Malam

Selasa 10 Mar 2020 09:24 WIB

Author :Redaksi

ilustrasi

Foto: wikihow

ESQNews.id - Pada dasarnya shalat tahajud adalah sebuah bentuk efektif mind training, pelatihan pikiran, untuk selalu fokus berfikir menyatu denganNya, menyerahkan segalanya kepadaNya, dan membangun paradigma sabar dan syukur dalam setiap pemikiran, yang akan berdampak pada perkataan dan perbuatan sehari-hari.


Al-Quran menjelaskan bahwa Shalat Tahajud adalah shalat sunah utama yang baik bila dikerjakan setiap malam, karena akan mengangkat derajat kita ketempat yang mulia. Allah berfirman: “Dan dari sebagian malam hendaklah engkau bangun [Tahajud], sebagai Ibadah tambahan untukmu. Semoga Tuhanmu mengangkat derajatmu ketempat terpuji” [Al-Israa 79].

<more>
Bila malam mulai merayap ke kedalaman menuju jelang fajar, bangkitlah dari tidur untuk bermunajat kepada-Nya, seraya merenungi semua nikmat serta memohon kebaikan dunia dan akhirat. Rasulullah bersabda :
“Sesungguhnya pada waktu malam ada satu saat, seandainya seseorang meminta suatu kebaikan di dunia maupun di akhirat, niscaya Allah akan memberinya. Dan itu berlaku setiap malam”.


Andai saja saudara2 mengetahui keutamaan dan keindahan shalat tahajud ini, pastilah mereka akan berlomba-lomba untuk menjalankannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah” [Adz-Dzaariyaat 16-18].


Sungguh indah dan nikmat bila bermunajat kepada-Nya di keheningan malam, kemudian diteruskan dengan bertasbih sesuai dengan firmanNya:
“Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri” [Ath-Thuur 48]. Semoga kita semua termasuk dalam golongan orang yang setiap malam dapat merasakan indahnya kenikmatan dalam bermunajat kepadaNya. Aamiin.



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA