Kamis, H / 28 Maret 2024

Niat Puasa Syawal, Begini Caranya

Senin 10 Jun 2019 15:30 WIB

Reporter :Redaksi

Puasa Syawal (Ilustrasi)

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA - Setelah selama sebulan penuh berpuasa di Bulan Ramadhan, ada amalan puasa lainnya di bulan Syawal yang fadhilahnya menyempurnakan puasa Ramadhan sebelumnya. Dilansir dari muslim.or.id, beberapa Hadist Nabi Muhammad SAW menjelaskan keutamaan puasa enam hari di Bulan Syawal tersebut.


Salah satu diantaranya diriwayatkan oleh Ibnu Majah yang berbunyi "Barang siapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idul Fitri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Larena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepulh kebaikan semisal."


Jika digunakan perhitungan hadits tersebut, Puasa Ramadhan kurang lebih 30 hari ditambah 6 hari di bulan syawal dikalikan 10, maka akan didapat bilangan 360 hari atau kurang lebih satu tahun.


Lantas bagaimana tata cara puasa enam hari di Bulan Syawal yang benar?


1. Berniat untuk berpuasa sunnah di bulan Syawal. Utamanya dilaksanakan di awal bulan Syawal setelah Idul Fitri.


2. Lebih utama dilakukan enam hari berturut-turut. Akan tetapi bisa juga dilaksanakan berselang. Hal tersebut didasari dari perkataan Syaikh Ibnu Utsaimin.


3. Disarankan untuk membayar puasa yang telah batal di bulan Ramadhan sebelumnya. Meng-qhada' lebih dahulu menjadi prioritas baru kemudian puasa Syawal.


4. Diperkenankan untuk berpuasa di hari Jumat dan Sabtu dengan niat puasa Syawal.


Wallahu'alam Bishowab.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA